5 Pelatih Jerman yang Sukses Menjuarai Liga Champions

Football5Star.com, Indonesia – Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-19 punya arti tersendiri bagi Jerman. Hal itu terkait keberadaan Juergen Klopp sebagai manajer klub asal Merseyside tersebut. Dia merupakan pelatih Jerman kelima yang sukses di ajang tersebut.

Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 pelatih Jerman yang sukses menjuarai Liga Champions atau yang dahulu dikenal sebagai Piala Champions.

Udo Lattek

Udo Lattek jadi pelatih Jerman pertama yang juara Liga Champions.
dfb.de

Pelatih Jerman pertama yang sanggup menjuarai Liga Champions adaah Udo Lattek. Dialah pelatih yang menangani Bayern Munich saat meraih gelar pertama di ajang ini pada 1974-75.

Pada musim itu, Bayern menang lewat laga ulang atas Atletico Madrid. Pada pertemuan pertama, Die Roten sanggup menyamakan kedudukan 1-1 berkat sepakan jarak jauh Hans-Georg Schwarzenbeck. Pada laga ulang, mereka menang telak 4-0 berkat brace yang dibuat Gerd Mueller dan Uli Hoeness.

Dettmar Cramer

Dettmar Cramer dua kali membawa Bayern Munich juara Piala Champions.
dfb.de

Kiprah apik Udo Lattek dilanjutkan Dettmar Cramer. Tak Tanggung-tanggung, dia membawa Bayern Munich juara dalam dua musim beruntun, yakni pada 1975-76 dan 1976-77. Hal itu menjadikan dia sebagai pelatih Jerman pertama yang mejuarai Liga Champions sebanyak dua kali.

Pada musim 1975-76, Cramer membawa Bayern menang 2-0 atas Leeds United yang diwarnai cedera parah Uli Hoeness. Adapun musim berikutnya, Die Roten mengalahkan St-Etienne melalui gol tunggal yang dibuat Franz Roth.

Ottmar Hitzfeld

Ottmar Hitzfeld menjadi pelatih Jerman pertama yang juara Liga Champions bersama dua klub berbeda.
Twitter @ChampionsLeague

Catatan apik Dettmar Cramer disamai Ottmar Hitzfeld. Bedanya, Hitzfeld juara dengan dua klub berbeda dan tidak secara beruntun. Gelar juara pertama diraih ketika Borussia Dortmund menang 3-1 atas Juventus pada final musim 1996-97. Kala itu, Dortmund berstatus debutan final Liga Champions.

Empat musim kemudian, pada 2000-01, Hitzfeld meraih gelar juara Liga Champions untuk kali kedua. Kali ini, dia merebutnya bersama Bayern. Pada laga final, mereka unggul atas Valencia lewat drama adu penaltu yang diwarnai tiga penyelamatan gemilang kiper Oliver Kahn.

Jupp Heynckes

Jupp Heynckes menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid dan Bayern Munich.
dailymail.co.uk

Ada hal istimewa yang dibukukan Jupp Heynckes di ajang Liga Champions. Dia merupakan pelatih Jerman pertama yang juara bersama klub luar Jerman. Itu dilakukan bersama Real Madrid pada 1997-98 dengan menang 1-0 atas Juventus pada partai puncak.

Pada musim 2012-13, Jupp Heynckes menyamai prestasi Dettmar Cramer dan Ottmar Hitzfeld yang dua kali menjuarai Liga Champions. Dia mengantar Bayern juara dengan mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 dalam final sesama klub Jerman di Stadion Wembley, Inggris.

Juergen Klopp

Juergen Klopp akhirnya menjuarai Liga Champions setelah dua kali gagal di final.
standard.co.uk

Juergen Klopp menyamai catatan apik Jupp Heynckes yang juara Liga Champions bersama klub luar Jerman. Liverpool secara meyakinkan menang 2-0 atas Tottenham Hotspur pada final musim 2018-19 yang berlangsung kurang greget.

Bagi Klopp, hasil tersebut sangat melegakan. Pasalnya, dia selalu gagal pada dua kesempatan terdahulu. Pada 2012-13, Borussia Dortmund yang ditanganinya kalah 1-2 dari Bayern Munich. Sementara itu, pada 2017-18, pelatih Jerman itu gagal membawa Liverpool juara karena kalah 1-3 dari Real Madrid.

Comments
Loading...