5 Pemain Ajax yang Dibeli Juventus

Football5star.com, Indonesia – Kepastian transger Matthijs de Ligt ke Juventus tinggal menghitung hari. Pemain yang bersangkutan sudah tiba di Turin sejak Selasa (16/7) waktu setempat. Ia dijadwalkan menjalani tes medis pada Rabu setelahnya.

Kehadiran De Ligt di Turin menambah daftar pemain-pemain binaan Ajax yang diminati Juventus. Sejarah mencatat bahwa pemain 19 tahun tersebut bukan nama pertama yang didatangkan Bianconeri dari Amsterdam.

Sebelum De Ligt, total sudah ada empat orang dari Ajax yang memilih Juventus sebagai tempat petualangan selanjutnya. Dari empat nama tersebut, ada yang berhasil menjadi ikon klub, ada pula yang lewat begitu saja. Berikut 5 Pemain yang Ditransfer dari Ajax ke Juventus.

Zdenek Grygera
Pada masanya, ia sering diandalkan Juventus sebagai bek sayap kanan yang kerap maju ke depan membantu serangan.Pemain asal Ceko ini pindah dari Ajax ke Juventus pada usia matang yakni 27 tahun.

Ia datang dengan gratis karena kontraknya bersama De Godenzonen sudah habis pada 2007 silam. Ketika itu, ia sempat tampil dalam 114 pertandingan dan mencetak tiga gol untuk Juve.Hanya bertahan tiga musim, ia kembali dilepas gratis ke klub Inggris, Fulham dan pensiun di sana.

Zlatan Ibrahimovic
Penampilan gemilang Ibra selama membela Ajax membuat manajemen Juventus kepincut dan menggaetnya pada musim panas 2004. Saat itu, harganya tergolong mahal yakni 15 juta euro. Bisa dibilang, Juventus merupakan pintu awal pemain asal Swedia tersebut untuk menembus pasar dunia.

Ketika Juve dirudung masalah pengaturan skor, ia membuat sakit hati para fans Juventus karena memilih eksodus ke Inter Milan. Pasalnya, Inter saat itu merupakan yang paling getol dalam menguak kasus calciopolli tersebut.

Sunday Oliseh
Oliseh hanya bertahan selama semusim bersama Juventus setelah dibeli dari Ajax seharga 10 juta euro di awal musim. Ia hanya mendapatkan kesempatan tampil dalam 19 pertandingan di semua ajang yang diikuti Juventus.

Setelahnya, ia langsung dijual ke Borussia Dortmund dengan harga 7 juta euro. Setelah mengalami bebeapa kali peminjaman dan dilepas gratis, Oliseh memutuskan pensiun pada Januari 2006. Klub terakhir yang dibelanya adalah KRC Genk.

Edwin van der Sar
Salah satu kiper legendaris tim nasional Belanda ini merupakan produk pertama Ajax yang didapatkan Juventus.  Akan tetapi, ia tidak terlalu mendapatkan banyak kesempatan di Turin karena gagal bersaing dengan Gianluigi Buffon.

Van der Sar hanya bertahan selama dua musim sebelum akhirnya dilepas ke Fulham. Selama tampil untuk Bianconeri, pria kelahiran Voorhout tersebut mencatatkan 41 laga tanpa kebobolan dari total 88 penampilan.

Matthijs de Ligt
Meski sejauh ini belum ada hitam di atas putih, De Ligt diperkirakan akan menjadi produk terkini Ajax yang dibelu Juventus. Tidak tanggung-tanggung, 90min merilis pemain 19 tahun ini akan dibanderol dengan harga 75 juta euro.

Diario Sport

Penampilan gemilannya bersama Ajax sepanjang musim lalu membuat manajemen Juve kepincut. Mereka memenangkan perburuan atas Barcelona dan Bayern Munich yang juga diyakini menaruh ketertarikan terhadapnya.

AjaxDe LigtJuventus