5 Pemain Amerika Serikat Tersukses di Premier League

<

Football5star.com, Indonesia – Kedatangan Christian Pulisic ke Chelsea membuat Premier League kembali kedatangan penggawa asal Amerika Serikat. Semenjak digulirkannya pada tahun 1992, ada cukup banyak pemain Amerika Serikat yang mencoba peruntungan nasibnya.

Namun, tak semua penggawa asal Amerika Serikat mampu meraih kesuksesan di Inggris. Berikut Football5star.com telah merangkum lima pemain asal Amerika Serikat yang mampu meraih kesuksesan di Premier League:

Brad Friedel
5 Pemain Amerika Serikat Tersukses di Premier League - Brad Friedel - SB Nation
SB Nation

Brad Friedel pertama kali datang ke Premier League pada tahun ke 1997. Ketika itu, ia datang untuk menjadi pelapis dari David James di Liverpool. Selama tiga musim bermain di Anfield, ia hanya mampu mengoleksi 25 penampilan di Premier League.

Ia pun memutuskan untuk hijrah ke Blackburn Rovers. Di Ewood Park, ia mampu menunjukkan kualitasnya dan mampu menjadi penjaga gawang utama selama delapan musim.

Dari Blackburn, ia menuju ke Aston Villa dan kemudian Tottenham Hotspur. Ketika bermain di Tottenham, ia berhasil mencetak sebuah rekor baru. Ia menjadi pemain dengan penampilan beruntun terbanyak di Premier League. Ia berhasil mengoleksi 310 penampilan starter secara beruntun ketika bermain untuk Blackburn, Aston Villa dan Tottenham.

Clint Dempsey
5 Pemain Amerika Serikat Tersukses di Premier League - Clint Dempsey - ESPN
ESPN

Clint Dempsey datang ke Inggris pada tahun 2007 lalu. Ia didatangkan Fulham dari klub MLS, New England Revolutions dengan 3 juta Euro.

Di Fulham, ia mampu menunjukkan penampilan yang gemilang. Dari 232 penampilan, ia mampu mengemas 60 gol dan 21 assist. Ia juga berhasil membawa The Cottagers melaju ke babak final Liga Europa pada tahun 2010.

Selepas Fulham, ia pergi ke Tottenham Hotspur. Namun, ia tak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya di White Hart Lane. Ia pun hanya bertahan selama semusim sebelum memutuskan untuk kembali ke Amerika Serikat untuk membela Seattle Sounders.

Tim Howard
5 Pemain Amerika Serikat Tersukses di Premier League - Brad Friedel - SBI Soccer
SBI Soccer

Tim Howard datang ke Inggris pada musim panas 2003 untuk membela Manchester United. Demi mendatangkannya dari Metro Stars, The Red Devils rela menggelontorkan dana sebesar 3,2 juta Euro.

Di Old Trafford, ia tak mampu menunjukkan penampilan yang konsisten. Ia pun memutuskan untuk menerima tawaran Everton di tahun 2006.

Ia mampu menunjukkan penampilan yang konsisten bersama The Toffees. Di Goodison Park, ia berhasil menasbihkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Premier League. Ia pun mampu membawa Everton selalu finis di papan tengah Liga Inggris selama ia bermain di Goodison Park.

Kasey Keller
5 Pemain Amerika Serikat Tersukses di Premier League - Kasey Keller - SB Nation
SB Nation

Kasey Keller merupakan salah satu penggawa Amerika Serikat pertama yang datang ke Premier League. Ia didatangkan Leicester pada tahun 1996 setelah empat tahun membela klub divisi dua Liga Inggris, Milwall.

Di Leicester, ia hanya mampu bertahan selama setahun sebelum memutuskan pindah ke Rayo Vallecano. Di tahun 2001, ia memutuskan untuk kembali ke Inggris dan bermain untuk Tottenham Hotspur. Setelah itu, ia sempat bermain untuk Southampton dan Fulham.

Selama satu dekade bermain di Premier League, ia mampu mengemas 201 penampilan dan berhasil mencetak 57 clean sheet. Selain itu, ia juga berhasil menjuarai Piala Liga Inggris bersama The Foxes pada tahun 1997.

Landon Donovan
5 Pemain Amerika Serikat Tersukses di Premier League - Landon Donovan - ABC
ABC

Landon Donovan dikenal sebagai salah satu legenda di MLS. Namun, ia juga sempat berkarier di Eropa. Ia sempat bermain untuk Everton dengan status pinjaman di dua kesempatan.

Pertama, ia datang dengan status pinjaman di awal tahun 2010. Selama tiga bulan bermain untuk The Toffees, ia mampu tampil di 13 partai dan mencetak dua gol di semua kompetisi. Bahkan, ia mampu menyabet gelar pemain terbaik Everton di bulan Januari 2010.

Di tahun 2012, ia kembali ke Everton. Namun, ia tak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya kala itu. Namun, para suporter Everton tetap mencintainya. Total, ia berhasil mencetak dua gol dan sembilan assist dari 22 pertandingan bersama The Toffees.