5 Pemain Bintang yang Diboyong Juventus Secara Gratis

Football5Star.com, Indonesia – Juventus telah mengumumkan secara resmi perekrutan Aaron Ramsey untuk musim depan. Pemain timnas Wales itu diangkut dari Arsenal secara gratis karena kontraknya akan habis pada akhir musim nanti.

Perekrutan Aaron Ramsey ini menjadi prestasi tersendiri bagi Juventus. Pasalnya, meskipun bergaji besar, pemain berjuluk Rambo itu masih dalam usia terbaik. Lalu, banderolnya pun masih tinggi. Berdasarkan valuasi Transfermarkt, nilai jualnya saat ini 36 juta pounds.

Merekrut bintang dengan status bebas transfer sebenarnya sudah menjadi nilai lebih Juventus dalam beberapa musim terakhir. Sebelum Aaron Ramsey, berikut ini adalah lima pemain bintang yang diangkut ke Turin secara gratis.

EMRE CAN (2018-19)

Emre Can diangkut secara gratis oleh Juventus dari Liverpool pada 2018.
tuttomercatoweb.com

Awal musim ini, selain berhasil mendatangkan Cristiano Ronaldo dengan harga mahal dari Real Madrid, Juventus memboyong Emre Can dari Liverpool. Pemain timnas Jerman itu didapatkan secara gratis setelah menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan klub berjuluk The Reds itu.

Meskipun bukan pemain inti, Emre Can adalah pemain yang lumayan diandalkan manajer Juergen Klopp. Tak heran bila manajer asal Jerman itu berusaha keras membuat sang pemain tetap tinggal di Anfield.

Keberhasilan memboyong Emre Can saat bebas kontrak membuat Juventus menghemat dana 27 juta pounds. Berdasarkan valuasi Transfermarkt, angka itulah nilai jual Emre Can saat diboyong klub asuhan Massimiliano Allegri tersebut.

DANI ALVES (2016-17)

Dani Alves gabung Juventus secara gratis dari Barcelona pada 2016.
tah-heetch.com

Saat bergabung dengan Juventus, umur Dani Alves memang tak lagi muda. Dia sudah di pengujung karier dengan umur 33 tahun. Namun, dia saat itu masih diakui sebagai salah satu fullback terbaik di dunia.

Kala itu, Dani Alves berdalih, dirinya hengkang karena tak lagi dihargai oleh manajemen Barcelona. Adapun putusan memilih Juventus didasari keinginan membuktikan diri di Italia.

Hanya semusim Dani Alves berada di Stadion Allianz. Namun, dia berkontribusi pada keberhasilan Juventus menjuarai Serie A, Coppa Italia, dan lolos ke final Liga Champions. Di Coppa Italia, dia mencetak satu dari dua gol kemenangan I Bianconeri atas Lazio.

SAMI KHEDIRA (2015-16)

Sami Khedira diboyong Juventus secara gratis dari Real Madrid pada 2015.
italianfootballdaily.com

Juventus menghemas uang 16,2 juta pounds saat berhasil memboyong Sami Khedira secara gratis dari Real Madrid. Perekrutan itu terbilang cerdas karena mereka mendapatkan pemain berkualitas untuk menggantikan Arturo Vidal yang dilepas ke Bayern Munich seharga 33,75 juta pounds.

Khedira datang dengan reputasi mentereng. Dia adalah pemain andalan Real Madrid dan timnas Jerman. Saat datang ke Turin, dia berstatus juara Piala Dunia dan Liga Champions. Kolaborasinya dengan Paul Pogba kemudian terbukti apik dan jadi kunci stabilitas lini tengah Juventus.

Hingga saat ini, Sami Khedira telah 124 kali membela Juventus di berbagai ajang dengan torehan 21 gol dan 14 assist. Torehan golnya lebih banyak dibanding saat membela Real Madrid dan VfB Stuttgart.

PAUL POGBA (2012-13)

Paul Pogba gabung Juventus secara gratis pada 2012.
eurosport.com

Saat diboyong dari Manchester United secara gratis, Paul Pogba memang belum menjadi bintang. Namun, banyak pihak sudah menilainya sebagai wonderkid. Mereka menilai I Bianconeri beruntung mendapatkan pemain asal Prancis tersebut.

Paul Pogba terbukti jadi pembelian bagus. Pada musim pertamanya, dia menjawab kepercayaan pelatih dengan mengemas 5 gol dari 37 penampilan di berbagai ajang. Dia mampu diandalkan bersama Andrea Pirlo, Arturo Vidal, dan Claudio Marchisio.

Selama empat musim bersama I Bianconeri, Paul Pogba berhasil mempersembahkan empat Scudetti dan dua gelar juara Coppa Italia. Tak hanya itu, dia pun membuat Juventus untung besar saat kembali ke Manchester United dengan biaya transfer 94,5 juta pounds. Itu memecahkan rekor transfer termahal.

ANDREA PIRLO (2011-12)

Andrea Pirlo gabung Juventus secara gratis dari AC Milan pada 2011.
sportsnet.ca

Kepindahan Andrea Pirlo ke Juventus pada awal musim 2011-12 adalah kejutan besar. Selain pindah dengan status bebas transfer, dia meninggalkan AC Milan yang telah dibela selama satu dekade.

Umur Andrea Pirlo saat itu memang sudah 32 tahun. Pada 2017, dia mengungkapkan, pindah dari Milan karena merasa sudah dianggap habis oleh pelatih Massimiliano Allegri setelah sempat dibekap cedera. Bergabung dengan Juventus, dia ingin membuktikan diri.

Kedatangan Andrea Pirlo menandai awal kejayaan Juventus. Pada musim pertamanya, dia membawa I Bianconeri merebut Scudetto yang musim sebelumnya diraih Milan. Total, hingga 2015, dia merebut empat Scudetti, sekali juara Coppa Italia, dan dua kali juara Supercoppa Italiana.

Comments
Loading...