5 Pemain Britania yang Sukses Berkarier di Luar Inggris

<

Football5star.com, Indonesia – Britania Raya dikenal sebagai salah satu pabrik bakat terbaik di dalam dunia sepak bola. Banyak nama-nama pesepak bola hebat yang berasal dari Britania Raya. Misalnya, Stanley Matthews, George Best, Kenny Dalglish, Ryan Giggs hingga Harry Kane.

Namun, sebagian besar pemain Britania Raya lebih memilih untuk berkarier di Inggris atau Skotlandia. Tak banyak pemain asal Britania Raya yang sukses berkarier di luar Inggris atau Skotlandia. Berikut football5star.com telah mereangkum lima pesepak bola Britania Raya yang sukses berkarier di luar Inggris:

Gary Lineker (Barcelona)
5 Pemain Britania yang Sukses Berkarier di Luar Inggris - Gary Lineker - Getty Images
Getty Images

Gary Lineker didatangkan Barcelona dari Everton pada tahun 1986. Kala itu, Barcelona harus menggelontorkan dana sebesar 3,2 juta Poundsterling untuk mendatangkan Lineker ke Camp Nou. Kala itu, ia datang dengan predikat top skorer di ajang Piala Dunia 1986. Ia berhasil mencetak enam gol dan membawa Inggris melaju hingga ke babak perempat final.

Di Barcelona, ia berhasil menunjukkan penampilan terbaiknya. Selama tiga musim bermain untuk Azulgrana, Lineker berhasil mencetak 48 gol dari 128 penampilannya di semua kompetisi. Ia juga berhasil membawa Barcelona meraih satu gelar Copa del Rey dan satu Uefa Cup Winners Cup.

Steve McManaman (Real Madrid)
5 Pemain Britania yang Sukses Berkarier di Luar Inggris - Steve McManaman - Managing Madrid
Managing Madrid

Steve McManaman merupakan salah pemain terbaik di Inggris pada decade 1990an. Kegemilangannya di dalam dan di luar lapangan, membuatnya menjadi salah satu anggota Spice Boys  yang berisikan Jamie Redknapp, David James, Robbie Fowler dan Jason McAteer. Ia datang ke Real Madrid pada musim 1999-00 dengan status free transfer dari Liverpool.

Di Real Madrid, ia langsung bisa mengambil hati dari publik Santiago Bernabeu setelah menunjukkan penampilan yang gemilang di beberapa partai perdananya. Selain itu, ia juga langsung menjadi pemain kunci di Los Blancos hingga musim 2002-03. Selama empat tahun bermain di Madrid, McManaman berhasil meraih 2 gelar LaLiga, 2 Copa del Rey dan 2 Liga Champions.

John Charles (Juventus)
5 Pemain Britania yang Sukses Berkarier di Luar Inggris - John Charles - Fox Sports
Fox Sports

John Charles merupakan penggawa timnas Wales di decade 1950 dan 1960an. Ia datang ke Juventus pada tahun 1957. Kala itu, ia didatangkan dengan mahar sebesar 65.000 Poundsterling dan menjadi pemain Britania termahal ketika itu.

Di Juventus, Charles berhasil menasbihkan dirinya sebagai salah satu penyerang terbaik di Italia. Kombinasinya bersama Giampiero Boniperti dan Enrique Sivori di lini depan dijuluki sebagai The Holy Trinity. Selama lima tahun bermain di Juventus, Charles berhasil meraih tiga gelar Serie A dan dua gelar Coppa Italia. Ia juga berhasil mencetak 108 gol dari 155 penampilannya di ajang Serie A.

Gareth Bale (Real Madrid)
5 Pemain Britania yang Sukses Berkarier di Luar Inggris - Gareth Bale - Marca
Marca

Gareth Bale didatangkan ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas tahun 2013. Demi mendatangkannya, Real Madrid rela menggelontorkan dana sebesar 101 juta Euro. Angka itu membuatnya menjadi pemain termahal di dunia ketika itu.

Bersama Real Madrid, ia mampu menunjukkan penampilan yang cukup baik selama lima musim terakhir. Meskipun kerap kali menepi karena dibekap cedera, Bale berhasil membawa Real Madrid meraih empat gelar Liga Champions, satu LaLiga dan satu Copa del Rey.

David Beckham (Real Madrid, AC Milan, LA Galaxy, Paris Saint-Germain)
5 Pemain Britania yang Sukses Berkarier di Luar Inggris - David Beckham - CNN
CNN

Beckham dikenal sebagai salah satu bakat terbaik yang pernah dimiliki oleh Inggris. Ia memutuskan untuk berkarier di luar Inggris pada tahun 2003. Ketika itu, ia pergi dari Manchester United untuk bermain bersama Real Madrid.

Selepas Real Madrid, ia pergi ke Amerika Serikat untuk membela Los Angeles Galaxy. Di tahun 2008 dan 2009, ia sempat membela AC Milan dengan status pinjaman dari LA Galaxy. Ia mengakhiri karier sepak bolanya di tahun 2003 setelah bermain untuk Paris Saint-Germain selama setengah musim.Selama satu dekade berkarier di luar Inggris, Beckham berhasil meraih satu gelar LaLiga, dua MLS Cup, serta satu Ligue 1.

Comments
Loading...