Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berkarier di Eropa Sebelum Egy dan Witan

Football5Star.com – Indonesia, Sudah sejak dahulu pemain Indonesia mencoba kariernya di Eropa bahkan jauh sebelum Egy Maulana dan Witan Sulaiman. Mereka jua bahkan sempat setim dengan legenda-legenda sepak bola dunia.

Banyak pemain-pemain Indonesia jua pernah merasakan atmosfer sepak bola Eropa. Bahkan, beberapa di antaranya sempat menjadi andalan dan mengemas beberapa gol.

Siapa saja? Berikut 5 pemain Indonesia yang berkarier di Eropa sebelum Egy dan Witan versi Football5Star:

Kurnia Sandy

Kiper jebolan Primavera 1993-1994 itu pernah disebut-sebut sebagai penjaga gawang masa depan. Kurnia Sandy bahkan sempat menandatangani kontrak bersama Sampdoria dan setim dengan beberapa legenda, seperti Montella, Veron, hingga Roberto Mancini.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berkarier di Eropa Sebelum Egy dan Witan

Sandy diplot sebgai kiper keempat. Dia sempat nyaris main saat Fabrizio Ferron tak bisa tampil karena akumulasi. Dia sempatdipersiapkan Sven Goran Eriksson, pelatih Sampdoria kala itu. Tapi sayang, dia gagal mentas karena masalah izin kerja.

Kurniawan Dwi Yulianto

Sosok yang kini menjadi nahkoda Sabah FA pernah mengukir karier indah semasa jadi pemain. Si Kurus, begitu panggilan Kurniawan Dwi Yulianto, sangat melegenda pada eranya. Selain membela sejumlah klub Indonesia, Kurniawan jua berprestasi di luar negeri.

Kurniawan Dwi Yulianto Soal Latihan Bersama Roberto Mancini Hingga Ruud Gullit Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berkarier di Eropa Sebelum Egy dan Witan

Si Kurus sempat menarik perhatian Sampdoria saat bergabung dengan tim Primavera Indonesia. Dia-pun sempat merasakan atmosfer sepak bola Swiss saat bergabung dengan FC Luzern. Saat jadi pemain Luzern, dia menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Eropa pada 1995. Kala itu Luzern menang atas FC Basel.

Alfin Tuasalamony

Pemain Indonesia lain yang berkarier di Eropa ialah Alfin Tuasalamony. Alfin pernah membela klub Belgia, CS Vise 2011 silam. Dari empat pemain Indonesia yang main di sana, termasuk SYamsir Alam, Yericho Christiantoko dan Yandi Sofyan, cuma Alfin yang mendapat jatah main lebih banyak.

Tercatat, pemain yang kini memperkuat Madura United dengan status pinjaman dari Arema FC itu main dalam 49 laga. Dia jua sempat mengemas satu gol. Setelah Bakrie Group menjual sahamnya, empat pemain Indonesia pun pulang.

Bambang Pamungkas

Legenda hidup Persija Jakarta itu jua pernah berkarier di Eropa. Hal itu saat dia membela EHC Norad sebagai pemain pinjaman meski cuma bertahan selama empat bulan saja.

Tercatat, Bepe pernah bermain dalam 11 pertandingan dan mengemas tujuh gol. Dia jua kabarnya sempat membela Roda JC B. Hal itu setelah Bepe sempat mengunggah foto kenang-kenangan di Twitter pribadinya.

Irfan Bachdim

Memang, sebelum memutuskan ke Indonesia, Irfan Bachdim pernah memperkuat beberapa klub di Benua Biru. Pemain Indonesia yang berkarier di Eropa satu ini pernah membela FC Utrecht, Haarlem, SV argon, gingga pernah menimba ilmu di AFC Ajax.

Meski memang, penampilannya di Belanda tak terlalu cemerlang. Baru setelah ke Indonesia, Bachdim menemukan ketajamannya terutama saat membela Persema Malang setelah mengemas 16 gol dalam 25 laga.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More