Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Pernah Bobol Klub Besar Eropa

Football5Star.com – Pesepak bola Indonesia memang tak banyak mendapat kesempatan berkarier di Eropa. Tapi, ternyata ada setidaknya lima nama yang sukses membobol klub-klub besar Eropa.

Indonesia boleh menjadi salah satu pangsa pasar menarik buat klub-klub Eropa. Maka jangan heran, beberapa waktu lalu tim raksasa Benua Biru itu berbondong-bondong menyapa Indonesia dengan menggelar pertandingan persahabatan.

Akan tetapi, laga persahabatan itu bisa dijadikan ajang unjuk gigi buat pemain Indonesia. Makanya ada lima pemain yang Indonesia yang pernah jebol klub Eropa. SIapa saja? Berikut daftarnya versi Football5Star:

Bambang Pamungkas vs Muenchen

Bayern Muenchen pernah menyambangi Indonesia pada 2008 silam. Saat itu, Die Roten melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Pernah Bobol Klub Besar Eropa
AFP

Menurunkan skuat terbaiknya, mereka berhasil memang 5-1 lewat reno Borges, Viktor Bopp, dua dari Jan Schlaudraff, dan Toni Kroos. Tapi, Bambang Pamungkas pernah menjebol gawang Oliver Kahn kala itu.

Joko Malis vs Arsenal

Dalam meladeni tim Eropa, Indonesia tak selalu jadi bulan-bulanan. Pada pertandingan uji coba Arsenal melawan NIAC Mitra di Stadion 10 November pada 1983 silam, Arsenal bahkan kalah dua gol tanpa balas.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Pernah Bobol Klub Besar Eropa
Istimewa

Saat itu, dua gol kemenangan NIAC Mitra dicetak oleh Fandi Ahmad, dan pemain asal Indonesia, Joko Malis. Berawal dari aksi solo run Fandi melewati tiga pemain Arsenal, bola langsung diumpankan ke Joko yang berubah jadi gol di babak kedua dan menjadikannya salah satu pemain Indonesia yang mampu jebol gawang klub Eropa.

Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol vs Inter

Klub besar Italia, Inter Milan jua pernah mampir ke Tanah Air pada 2012 lalu. Saat itu Inter yang membawa nama-nama seperti Javier Zanetti hingga Philippe Coutinho menang 4-2 atas Timnas Indonesia di SUGBK.

Gol Inter dicetak oleh Coutinho dan Giampaolo Pazzini. Sementara dua gol dari Indonesia diciptakan oleh Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol.

Rochy Putiray vs AC Milan

Mantan pemain Arseto Solo itu, sukses merumput di sejumlah klub Hong Kong. Dia bahkan sukses memperkuat empat klub di sana, mulai Instant Dict FC, Happy Valley, South China AA, hingga Kitchee SC.

Kamu Pasti Enggak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri

Pertama kali dia hijrah ke Hong Kong usai Indonesia main di Kualifikasi Piala Asia. Selama di sana, Rochy pernah membantu Kitchee FC mengalahkan AC Milan 2-1 dengan mencetak 2 gol dalam laga persahabatan pada 2004. DIa jadi satu-satunya di daftar ini sebagai pemain Indonesia yang menjebol klub Eropa di luar negeri.

Greg Nwokolo vs Chelsea

Saat bulan Ramadhan 2013 lalu, masyarakat Indonesia dihibur dengan kedatangan raksaa Premier League, Chelsea. Mereka datang di bawah arahan Jose Moutinho yang membawa Eden Hazard, Demba Ba, hingga Romelu Lukaku.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Pernah Bobol Klub Besar Eropa
Zimbio

Indonesia Selection saat itu memang tak berdaya. Mereka dibantai 8-1 oleh Chelsea berkat gol Eden Hazard, dua Ramires, Demba Ba, John Terry, dua Lukaku, dan Bertrand Traore. Indonesia sendiri mampu mencetak gol melalui Greg Nwokolo melalui aksi individunya meski akhirnya gol dihitung bunuh diri.