5 Pemain Lawan yang Menjadi Ancaman Timnas U-23 Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-23 Indonesia akan memulai kualifikasi Piala Asia U-23 pada Jumat (22/3/2019). Lawan pertama yang dihadapi adalah tim kuat, Thailand.

Indonesia tergabung dalam Grup K yang akan berlangsung di Vietnam. Lawan-lawan yang dihadapi pun bukan sembarangan karena mereka sudah ditunggu Thailand, Vietnam, serta Brunei Darussalam.

Baik Thailand dan Vietnam tentu akan mengusung misi balas dendam usai dikalahkan di ajang Piala AFF U-22 lalu. Bahkan mereka pun sudah mempersiapkan para pemain terbaiknya guna menyingkirkan anak asuh Indra Sjafri.

Dari beberapa pemain bintang yang dimiliki lawan-lawan Garuda Muda, Football5star.com sudah merangkum 5 pemain yang akan menjadi ancaman serius bagi Egy Maulana Vikri dkk.

Nguyen Quang Hai (Vietnam)

affsuzukicup.com

Vietnam selama ini dikenal memiliki deretan pemain bernama ‘Nguyen’ di semua era. Kini, “klan” Nguyen akan disandang oleh bintang muda mereka, Nguyen Quang Hai. Fox Sport Asia bahkan melabelinya sebagai pemain muda paling bersinar di Asia Tenggara saat ini.

Masih berusia 21 tahun nyatanya tidak membuat sang gelandang hanya memperkuat Vietnam kelompok umur saja. Keberhasilan negara berpaham komunis itu menjuarai Piala AFF pada tahun lalu pun berkat andil Nguyen Quang Hai.

Berperan sebagai pengatur serangan tim, Quang Hai tahu kapan waktu yang tepat untuk menahan bola maupun memulai serangan. Ketika lini serang timnya mengalami kebuntuan, pemain Hanoi FC ini bisa menjadi pemecah kebuntuan lewat kelebihannya dalam melepaskan tendangan jarak jauh.

Supachai Jaided (Thailand)

suphacai jaeda
@MuangThongUtd

Berbicara soal Thailand, tidak akan pernah kehabisan talenta-talenta luar biasa. Belum redup masa keemasan Chanathip Songkrasin, Negeri Gajah Putih kini sudah memiliki rising star baru dalam diri Supachai Jaided.

Baru berusia 20 tahun, sang bomber kini menjelma jadi pemain penting Thailand. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, ia disebut-sebut sebagai pemain yang paling konsisten memberikan kontribusi maksimal untuk negara dan juga klubnya, Buriram United.

Tubuhnya yang terlihat kurus dari pemain lain membuat Supachai kerap diremehkan lawan. Namun, ini pula yang ia manfaatkan untuk membuat lawannya tak berdaya. Punya kecepatan dan penempatan posisi yang bagus, sang bomber siap menebar ancaman untuk semua lawannya.

Tran Danh Trung (Vietnam)

trang danh trung (news.zing.vn)
news.zing.vn

Satu nama lain dari Vietnam yang patut diwaspadai Timnas U-23 Indonesia adalah Tran Danh Trung. Berposisi sebagai striker, ia selalu menjadi ancaman menakutkan bagi lawan. Di ajang Piala AFF U-22 lalu pun, penyerang haus gol ini mencetak tiga gol dan berada di urutan kedua pencetak gol terbanyak di bawah Marinus Manewar.

Baru berusia 19 tahun, Tran Danh Trung sudah berpengalaman di ajang internasional. Bahkan namanya juga turut serta dalam daftar pemain Vietnam saat melaju ke perempat final Piala Asia lalu kendati tidak pernah dimainkan.

Walau berposisi sebagai penyerang, ia tidak sungkan untuk turun ke lini kedua. Dari lini kedua ini pula ia kerap memanfaatkan keunggulan dalam menggocek bola untuk mencetak gol. Selain dari tengah, dia juga kerap membuka ruang untuk pemain lain.

Marco Ballini (Thailand)

indonesia vs thailand
goal.com

Pada ajang Piala AFF U-22 lalu, Thailand membuat gebrakan baru dengan menurunkan pemain naturalisasi asal Italia, Marco Ballini. Punya darah Italia membuat dirinya punya perbedaan mencolok dengan pemain lain, yaitu tinggi badan.

Ballini memiliki tinggi badan hampir 198 cm. Hal ini pun menjadi keunggulan tersendiri baginya, terlebih posisi dia sebagai bek tengah. Berkat ketangguhannya pula Thailand mencatatkan empat cleanshhet dari lima pertandingan Piala AFF U-22 lalu.

Pemain kelahiran Bologna, Italia, ini kembali menjadi tumpuan di lini belakang Negeri Gajah Putih. Kehadirannya pun diyakini akan menjadi lawan sepadan Marinus Manewar. Apalagi keduanya sudah pernah bertemu di Piala AFF U-22 lalu.

Suphanat Mueanta (Thailand)

suphanat_mueanta_pemain_thaila-169
foxsportsasia.com

Nama terakhir yang siap memberi kejutan pada Indonesia adalah Suphanat Mueanta. Dari keempat nama di atas, mungkin hanya Suphanat yang masih minim pengalaman. Tapi bukan berarti talentanya harus diremehkan.

Suphanat Mueanta adalah pencetak sejarah di Liga Thailand. Ia menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Thailand saat membobol gawang Air Force Central. Ketika itu, pemain Buriram United ini baru berusia 15 tahun 22 hari.

Kini dengan usianya yang baru menginjak 16 tahun, sang bomber akan menjadi senjata rahasia pelatih Alexandre Gama di Kualifikasi Piala Asia U-23. Sang pelatih tentu berharap banyak pemain yang sudah mencetak 10 gol saat membela Thailand U-19 bisa melanjutkan performa apiknya.