Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Lokal yang Pernah Jadi Top Skorer Liga Indonesia

Football5Star.com – Indonesia, Kiprah pemain lokal sebenarnya menjanjikan bila diberi kepercayaan bahkan sempat jadi top skorer di Liga Indonesia. Mereka sempat menggeser nama-nama pemain asing untuk meraih predikat pencetak gol terbanyak.

Tak bisa ditampik, para pemain lokal memang belakangan tergerus oleh dominasi striker-striker asing yang datang. Kesenangan klub-klub Indonesia memilih memasang striker asing ketimbang lokal tentu menjadi efek domino.

Meski begitu, faktanya ada 5 pemain lokal yang jua pernah jadi top skorer di Liga Indonesia. Siapa saja? Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya:

Boaz Solossa

Tak bisa dimungkiri, Boaz Solossa merupakan striker lokal tertajam di Indonesia. Dia bahkan beberapa kali membuktikan pemain lokal lebih apik bahkan sempat jadi top skorer dalam tiga edisi sekaligus Liga Indonesia.

Boaz Solossa dinilai Takuya Matsunaga sangat pantas dan akan sukses bila bermain di Eropa.

Boaz pertama kali jadi top skorer musim 2008-2009 dengan mengemas 28 gol, sama dengan Cristian Gonzales waktu itu. Tapi, dia kembali membuktikan ketajamannya dengan jadi pencetak gol terbanyak musim 2010-2011 (22 gol), dan 2013 (25 gol)

Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma jua sempat membuktikan kalau pemain lokal jua bisa menjadi top skorer di Liga Indonesia. Pada 2002, Ilham menjadi salah satu pemain fenomenal saat memperkuat Persita Tangerang.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Lokal yang Pernah Jadi Top Skorer Liga Indonesia
Tabloid Bola/IG Ilham Jaya Kesuma

Pria kelahiran Palembang itu menjadi top skorer Ligina 2002 dengan mengemas 26 gol. Musim itu, dia juamendapat predikat Player of the Year. Bahkan IJK kembali meraih predikat pencetak gol terbanyak pada 2004 dengan 22 golnya.

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas memang saat ini memegang rekor sebagai pemain yang pernah dua penghargaan top skorer dan pemain terbaik di dua negara.

Persija Resmi Pensiunkan Nomor Punggung Bambang Pamungkas Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Lokal yang Pernah Jadi Top Skorer Liga Indonesia

Dia pernah menjadi top skorer di Liga Indonesia saat mencetak 24 gol bersama Persija musim 1999-2000 sekaligus diberi penghargaan pemain terbaik. Rekor Bambang Pamungkas lantas tercipta saat membawa Selangor FA raih treble musim 2005.

Saat itu, Bepe meraih gelar top skor Malaysia Premier League dengan torehan 23 gol. Pada musim yang sama, dia juga didaulat menjadi pemain terbaik Piala Malaysia.

Kurniawan Dwi Yulianto

Beragam prestasi memang ditelurkan Kurniawan Dwi Yulianto ketika masih menjadi pemain. Dia pernah didaulat menjadi top skorer Liga Indonesia pada musim 1997-1998 silam dengan mengemas 20 gol bersama Pelita Jaya.

Kurniawan Dwi Yulianto the-afc.com

Kurniawan jua sukses meraih tiga trofi Liga Indonesia di 3 klub berbeda, yakni PSM Makassar (1999-2000), Persebaya Surabaya (2004), dan Persisam Putra Samarinda (2008-2009). Dia jua pernah membawa Persela Lamongan juarai Piala Gubernur Jatim 2009.

Peri Sandria

Terakhir ada Peri Sandria, pemain lokal yang jadi top skorer di Liga Indonesia bahkan rekornya sempat bertahan lama. Saat memperkuat Bandung Raya, pemain kelahiran Tandem, Binjai itu tampil sangat apik.

Peri Sandria - Bandung Raya

Dia mendapatkan trofi Liga Indonesia dengan Bandung Raya musim 1995-96 dan menjadi runner-up musim berikutnya. Peri Sandria memenangkan pencetak gol terbanyak dengan 34 gol yang dicetak di edisi pertama Liga Indonesia. Rekor gol itu baru bisa pecah pada 2017 lalu saat Sylvano Comvalius mencetak 37 gol untuk Bali United.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More