5 Pemain Muda yang Bersinar di Piala Indonesia 2018

Football5star.com, Indonesia – Gelaran Piala Indonesia 2018 sudah rampung. Turnamen yang sudah berlangsung sejak awal tahun lalu itu menghasilkan PSM Makassar sebagai juaranya. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8) sore, Juku Eja menang 2-0 atas Persija Jakarta.

Turnamen ini juga menjadi ajang unjuk gigi bagi para pemain-pemain muda. Tercatat, ada beberapa pemain muda yang mencuri perhatian publik. Tim-tim Liga 1 masih mendominasi daftar penyumbang pemain muda potensial di gelaran Piala Indonesia kali ini.

Asnawi Mangkualam
Asnawi jadi salah satu pemain muda yang paling bersinar di Piala Indonesia 2018. Pemain 19 tahun itu sukses membawa timnya, PSM Makassar menjadi yang terbaik tahun ini. Bahkan ia juga tampil di pertandingan final kontra Macan Kemayoran.

Tidak berhenti sampai di situ, Asnawi menyabet gelar individu sebagai Pemain Muda Terbaik di turnamen kali ini. Sebagai apresiasi, ia pun berhak atas hadiah sebesar 75 juta rupiah.

Asnawi - PSM - Football5star

Mengingat usianya yang masih muda, Asnawi punya prospek panjang dalam kariernya ke depan. Bukan tidak mungkin, dia akan menjadi andalan masa depan sepak bola Indonesia. Hal yang membuatnya punya nilai tambah adalah merupakan putra kelahiran tanah Anging Mamiri.

Alfath Fathier
Alfath memang gagal membawa timnya menjadi yang terbaik tahun ini. Namun, penampilannya di lini tengah sanggup membawa Madura United tampil konsisten selama Piala Indonesia 2018. Bahkan, Laskar Sape Kerab hanya kalah selisih gol tandang ketika tersingkir di semifinal oleh PSM Makassar.

Alfath Fathier - Madura - Football5star

Kematangan Alfath memang sudah terlihat sejak Liga 1 2018 bergulir. Hampir sepanjang musim, dirinya menjadi alternatif di yang kaya akan pilihan. Meski posisi aslinya adalah gelandang, tidak jarang ia dimainkan sebagai bek sayap. Tercatat ia tampil dalam tiga pertandingan di sepanjang turnamen.

Terens Puhiri
Kembalinya Terens dari Liga Thailand secara otomatis langsung membuatnya mendapatkan tempat utama di tim. Usianya yang masih relatif muda dan sumbangsihnya untuk klub pantas menjadikannya salah satu pemain paling menonjol.

Terens Puhiri - Football5star

Terens mampu membawa Borneo FC melangkah hingga semifinal. Pada babak empat besar, timnya disingkirkan Persija Jakarta. Namun, sepanjang pertandingan leg kedua, kecepatannya terbukti bisa menyulitkan para pemain Pesut Etam.

Irfan Jaya
Kematangan Irfan Jaya sejatinya sudah muncul sejak masih bersama Persebaya Surabaya di Liga 2 2017. Berhasil membara Bajul Ijo promosi, ia sukses mencuri perhatian dengan kecepatannya di sisi lapangan. Termasuk untuk Piala Indonesia 2018, ia berhasil membawa timnya hingga babak perempat final.

Namun, Persebaya harus tersingkir oleh Madura United dalam pertarungan dua leg. Meski tak mendapatkan banyak kesempatan tampil di Piala Indonesia 2018, sumbangsihnya untuk Bajul Ijo tidaklah kecil.

Ryuji Utomo
Kepergian Jaimerson Xavier ke Madura United cukup menyisakan lubang di lini belakang Persija Jakarta. Namun, kehadiran Ryuji Utomo sebagai tandem baru Maman Abdurrahman cukup menjadi solusi darurat bagi tim ibu kota.

Terbukti pada laga final leg pertama Piala Indonesia 2018 di Jakarta, Ryuji mencetak satu gol kemenangan Macan Kemayoran. Meski gagal membawa timnya juara, konsistensinya sepanjang turnamen cukup untuk membawa tim ibu kota ke partai puncak.