5 Pemain Produk Akademi Liverpool Bersinar di Klub Lain

Football5star.com, Indonesia – Sejatinya setiap pemain ingin tampil regular bersama klub yang dibelanya. Namun, terkadang keterbatasan menit bermain memaksa pemain tertentu untuk mencari peruntungan bersama klub lain.

Berbeda dengan kasus Trent Alexander-Arnolds yang mendapatkan menit bermain saat pilihan utama bek kanan, Nathaniel Clyne mengalami cedera. Trent Alexander-Arnolds kini justru terkesan menyingkirkan Clyne sehingga ia dipinjamkan ke Bournemouth.

Namun tidak sedikit nasib baik didapat pemain binaan akademi Liverpool saat pindah ke klub lain. Berikut 5 pemain produk akademi Liverpool yang bersinar bersama klub lain seperti dikutip Football5Star.com seperti dilansir Fox Sport Asia.

5. Mikel San Jose bersama Athletic Bilbao

Mikel San Jose bergabung dengan Liverpool saat berusia 18 tahun dari Athletic Bilbao dan bermain di musim 2007-08 dan 2008-09 bersama tim cadangan Liverpool. Pada Agustus 2009, Mikel San Jose kembali ke Bilbao dengan status pinjaman selama satu musim untuk bermain reguler di tim utama.

Kini San Jose telah 10 musim bersama Bilbao dengan 378 penampilan dan mencetak 37 gol. Penampilannya yang mengesankan tersebut membuat ia mendapat panggilan memperkuat tim nasional Spanyol.

4. Conor Coady bersama Wolverhampton Wanderers

Conor Coady dinilai bagus saat bersama tim muda Liverpool sejak 2005 hingga 2013. Namun, ia hanya membuat dua penampilan di tim berjulukan The Reds.

Kini, di Wolves, Nuno Espirito Santo, memainkan Conor Coady sebagai salah satu pilihan terbaiknya di lini belakang. Conor Coady menjadi bagian penting tim dan kapten klub.

3. Peter Gulasci bersama RB Leipzig

Liverpool mengontrak Peter Gulacsi dari klub Hongaria, MTK Budapest, pada 2007. Selama di Liverpool, Gulacsi tidak pernah sekalipun mendapatkan menit bermain di tim utama. Gulasci dipinjam ke berbagai klub hingga bebas transfer.

Kini pemain asal Hongaria ini membantu Leipzig promosi ke Bundesliga di musim pertamanya dan menjadi kiper pilihan utama.

2. Suso bersama AC Milan

Suso bergabung dengan akademi Liverpool pada 2010 di saat Real Madrid dan Barcelona menaruh minat padanya sebelum masuk ke tim utama. Pada musim 2012-13, Suso tampil sebanyak 20 kali tetapi hanya mencatat satu assist.

Pemain asal Spanyol ini menghabiskan musim 2013-14 dengan status pinjaman di Almeria dengan mencetak tiga gol.

Januari 2015, Suso ke AC Milan dengan 1,3 juta euro. Sejak musim 2016-17, Suso menjadi bagian penting AC Milan sehingga membuatnya dipanggil ke timnas Spanyol dan telah dua kali tampil.

1. Raheem Sterling bersama Manchester City

Raheem Sterling terhitung sukses bersama Liverpool, namun Sterling menolak perpanjang kontrak sehingga memilih pindah ke Manchester City.

Awalnya, Liverpool merekrut Raheem Sterling saat masih berusia 15 tahun dari QPR seharga 600.000 pounds dan memulai debut pada akhir musim 2011-12. Kemudian bermain 129 pertandingan dan mencetak 23 gol bersama The Reds.

Pada 2015, pemain timnas Inggris ini pindah ke Man City dengan transfer 44 juta Pounds dan selalu menjadi bagian penting Guardiola. Bersama Man. City, Sterling telah mencetak 63 gol dan 63 assist dari 181 pertandingan.

Pemain berusia 24 tahun ini dapat dikatakan menjadi salah satu pesaing untuk penghargaan Pemain Terbaik PFA musim ini berkat performa bagusnya bersama Man City.

Conor CoadyLiverpoolmikel san josePeter GulasciRaheem SterlingSuso