5 Pemain Real Madrid yang Mengadu Nasib di Premier League

Football5star.com, Indonesia – Premier League sampai kapan pun sepertinya akan menjadi daya tarik untuk banyak pemain di dunia ini. Tidak terkecuali bagi mereka yang pernah memperkuat Real Madrid.

Dari segi komersil dan industri, Premier League bisa dibilang sebagai yang terbaik. Perputaran uang yang tiap musimnya makin tinggi membuat kompetisi Liga Inggris ini memikat hati banyak pemain.

Bahkan sudah banyak pemain dari Spanyol yang bermain untuk klub Premier League. Tidak hanya itu, mereka yang sebelumnya berseragam Real Madrid pun tidak ragu meninggalkan kemegahan ibu kota Spanyol untuk merasakan panasnya persaingan di Inggris.

Untuk itu, Football5star.com sudah merangkum lima pemain yang pindah dari Santiago Bernabeu ke Liga Inggris:

  • Dani Ceballos
standard.co.uk

Dani Ceballos jadi pemain terkini yang memilih hengkang dari Madrid untuk merasakan Liga Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth, ia menjatuhkan pilihan untuk klub asal London Utara, Arsenal. Ia didatangkan The Gunners dengan status pinjaman selama semusim penuh.

Langkah ini diambil Ceballos demi mendapatkan menit bermain yang cukup. Maklum saja, selama berseragam putih-putih, ia jarang mendapat kepercayaan, baik ketika klub dibesut Zinedine Zidane, Julen Lopetegui, hingga Santiago Solari.

Bersama Arsenal, harapannya untuk dijadikan andalan utama di lini tengah tentu sangat tinggi. Apalagi memang itu alasan satu-satunya dia memilih Meriam London sebagai klub baru. Mantan pemain Real Betis juga termasuk beruntung karena di sana ada beberapa kolega dari Spanyol seperti Hector Bellerin, Nacho Monreal, dan tentu saja sang pelatih, Unai Emery.

  • Robinho
Robinho - Real Madrid - Footbal5star
sportyou.es

Gemerlap Premier League juga sempat membuat bocah ajaib dari Brasil, Robinho, kepincut.  Menjalani musim yang tidak membanggakan selama tiga musim membela Madrid, ia akhirnya menerima pinangan Manchester City pada musim 2008-2009.

Ketika itu, City yang baru saja dibeli taipan Abu Dhabi, Syeikh Mansour, langsung membanderolnya dengan harga 43 juta pounds. Angka itu sekaligus menjadikannya sebagai pemain City ketika itu.

Pemain asal Brasil ini langsung mempertontonkan performa gemilang di laga debut melawan Chelsea. Bahkan ia langsung mencetak gol ketika itu melalui tendangan bebas. Namun, setelah itu kariernya tidak berjalan lancar. Rentetan cedera membuatnya didepak ke AC Milan dua musim berselang.

  • Claude Makelele
Makelele - Mourinho - Football5star
sportskeeda.com

Salah satu pemain Madrid yang sukses merumput di Inggris adalah Claude Makelele. Datang ke Chelsea di musim 2003-2004, ia langsung menjadi sosok tak tergantikan di lini tengah The Blues. Rentetan gelar yang diraih bersama Los Blancos berhasil ia teruskan selama memperkuat Chelsea.

Dua trofi Liga Inggris, sekali Piala FA, dua kali Piala Liga, sukses ia persembahkan untuk klub ibu kota. Bahkan penampilan terbanyaknya selama berkarier sebagai pemain profesional ia catatkan ketika berseragam klub yang bermarkas di Stamford Bridge.

Selama lima musim mengabdi untuk Chelsea, Makelele mencatatkan 217 penampilan. Usia yang makin tergerus akhirnya membuat gelandang asal Prancis ini tersingkir. Ia kemudian memilih pulang ke Prancis untuk memperkuat Paris Saint-Germain 2008 silam hingga akhirnya memutuskan pensiun di sana pada 2011 lalu.

  • Alvaro Morata
tribuna.com

Sejak promosi ke tim utama Real Madrid 2013 lalu, Alvaro Morata digadang-gadang sebagai penerus sang legenda, Raul Gonzales. Sama-sama produk Castilla dan memiliki paras yang rupawan, banyak harapan yang muncul di pundaknya.

Tapi kemunculan Morata sepertinya di waktu yang salah. Betapa tidak, di sana sudah ada Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo yang menguasai lini serang Madrid. Faktor ini pula yang akhirnya membuat ia pindah ke Juventus 2014 lalu.

Tampil apik di Italia membuat Morata di panggil pulang El Real. Tapi lagi-lagi pelatih Zinedine Zidane tidak memberinya menit bermain yang cukup.  Kendati mampu mencetak 31 gol dalam 95 penampilan, ia harus rela tergusur untuk kedua kalinya musim panas 2017 lalu.

Morata kemudian menerima pinangan Chelsea. Tapi performanya justru di bawah ekspektasi. Bahkan ia kerap disandingkan dengan striker gagal The Blues lainnya yang juga berasal dari Spanyol, Fernando Torres.

  • Christian Karembeu
karembeu-pinterest
pinterest.com

Dani Ceballos boleh jadi pemain terkini Madrid yang pindah ke Premier League. Tapi jika menyebut pemain pertama Los Blancos yang hengkang ke Inggris, Christian Karembeu lah orangnya. Ya, pemain klub ibu kota Spanyol pertama yang mengadu nasib di Inggris terjadi pada 2001 silam.

Ketika itu, Karembeu memilih hengkang dari Real Madrid karena kalah bersaing dengan bintang-bintang muda di sana. Ia akhirnya menerima pinangan Middlesbrough yang ketika itu menggaetnya dengan harga 9 juta euro.

Kendati datang ke Premier League ketika usianya sudah 34 tahun, Karembeu mampu menjadi andalan lini tengah Middlesbrough. Ini dibuktikan dengan 33 penampilan dan empat yang yang ia cetak selama semusim memperkuat The Boro.