5 Pemain Termahal di Liga 1 2019

Football5star.com, Indonesia – Siapa sih pemain dengan nilai transfer termahal di kompetisi sepak bola Indonesia alias Liga 1? Jawaban untuk pertanyaan semacam itu terus menjadi misteri, nyaris dalam setiap periode transfer. Termasuk pertanyaan siapa pemain termahal di Liga 1 2019.

Di Indonesia, nilai transfer atau gaji pemain memang masih menjadi hal yang tabu. Bahkan, nyaris tak ada klub Indonesia yang merilis berapa harga yang harus dibayarkan untuk membeli pemain baru. Alhasil, sangat sedikit yang mengetahui pasti siapa pemain dengan nilai transfer termahal di Indonesia.

Memang, pernah ada nilai transfer pemain Indonesia yang menjadi komsumsi publik. Tepatnya pada 1996, kala mantan pemain Timnas Indonesia, Indriyanto Setyo Nugroho, pindah dari Arseto Solo ke Pelita Jaya.

Hal itu pun disebabkan kontroversi nilai transfer 100 rupiah yang menggemparkan publik sepak bola dalam negeri. Hasilnya, Indriyanto Setyo Nugroho mulai karib dengan julukan Mr. Cepek sejak peristiwa tersebut.

Sementara sampai saat ini, publik masih menjadikan situs Transfermarkt.com sebagai acuan untuk mengetahui nilai jual pemain di Indonesia. Tentunya, data yang tertera bukanlah nilai transfer yang sebenarnya terjadi saat si pemain dibeli sebuah klub.

Dalam data di situs Transfermarkt pun tak disertakan pemaparan berapa nilai transfer pemain di setiap klub jelang Liga 1 2019. Setiap data masuk atau keluarnya pemain ke satu klub, hanya dituliskan dengan status free transfer atau tanda tanya.

Padahal, Transfermarkt biasa menjadi acuan karena memiliki database yang cukup besar dan nyaris akurat. Meski begitu, Transfermarkt menyajikan data lain yang menarik dari sepak bola Indonesia. Di dalam data market values, atau nilai jual pemain di pasar dunia.

Sebelumnya, Football5star.com pernah menyajikan informasi terkait siapa pemain berkewarganegaraan Indonesia dengan market values tertinggi. Hasilnya, Transfermarkt mencatat, Stefano Lililaly berada di urutan teratas dengan nilai jual 450 ribu euro (sekitar Rp 7,2 miliar).

Bahkan, sampai saat ini (17 Juni 2019), Stefano Lilipaly masih mempertahankan status sebagai pemain Indonesia dengan harga jual termahal. Akan tetapi, Stefano Lilipaly bukan pemain dengan market values tertinggi jika digabungkan dengan pemain asing yang berkiprah di Liga 1 2019.

10 Pemain Termahal di Indonesia, Stefano Lilipaly Teratas (Antarafoto)
Antarafoto
Siapa pemain termahal market value-nya di Liga 1 2019? Berikut 5 teratas di Transfermarkt.com:

1) Brwa Nouri (Bali United, 32 tahun) 650 ribu euro (Rp 10,4 miliar)
2) Jaimerson Xavier da Silva (Madura United, 29 tahun) 600 ribu euro (Rp 9,6 miliar)
3) Ezechiel Ndouasel (Persib Bandung, 31 tahun) 550 ribu euro (Rp 8,8 miliar)
4) Rafael Silva (Barito Putera, 28 tahun) 500 ribu euro (Rp 8 miliar)
5) Anderson Salles (Bhayangkara FC, 31 tahun) 450 ribu euro (Rp 7,2 miliar)
5) Makan Konate (Arema FC, 27 tahun) 450 ribu euro (Rp 7,2 miliar)
5) Stefano Lilipaly (Bali United, 29 tahun) 450 ribu euro (Rp 7,2 miliar)

Terkait status Brwa Nouri sebagai pemain dengan harga pasar tertinggi yang ada di Liga 1 2019, sejurus dengan niai transfer. Brwa Nouri CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigorshalom Boboy, mengiyakan pemain termahal di Liga 1 adalah Brwa Nouri.

Comments
Loading...