5 Pemain Terproduktif di Liga 1 2019 Hingga Pekan ke-13

Football5Star.com, Indonesia – Pentas Liga 1 2019 hingga pekan ke-13 diwarnai beberapa kejutan. PS TIRA Persikabo, tanpa diduga, masih tak tersentuh kekalahan dan bertengger di puncak klasemen. Sementara itu, Persija Jakarta, sang juara bertahan, berkutat di zona degradasi. Lalu, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya juga terseok di papan tengah.

Kejutan serupa juga terjadi pada persaingan top skorer. Aleksandar Rakic, sang top skorer musim lalu, baru mengemas 5 gol. Sylvano Comvalius, top skorer musim 2017, malah baru menjejalkan 3 gol. Kini, papan atas daftar pencetak gol terbanyak justru didominasi muka-muka baru.

Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 pemain terproduktif di Liga 1 2019 hingga pekan ke-13 walaupun belum semua tim memainkan 13 laga.

1. Alex dos Santos

Alex dos Santos kini memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2019.
liga-indonesia.id

Sosok Alex dos Santos mengingatkan pada Aleksandar Rakic musim lalu. Dia sangat tajam meskipun membela tim papan bawah. Persela Lamongan, tim yang dibela Alex, saat ini berada di tangga ke-15 dengan 11 poin dari 12 pertandingan. Seperti halnya Rakic musim lalu, Alex juga muka baru pada musim ini.

Alex dos Santos saat ini memimpin daftar pemain tersubur Liga 1 2019 dengan torehan 12 gol. Artinya, dia rata-rata mencetak satu gol dalam setiap pertandingan yang dilakoni Persela. Total golnya pun mencapai 54,54% dari keseluruhan gol Laskar Joko Tingkir.

2. Ciro Alves

Ciro Alves jadi pengganti Aleksandar Rakic di PS TIRA Persikabo.
liga-indonesia.id

Kontribusi Ciro Alves sangat vital dalam keberhasilan PS TIRA Persikabo memuncaki klasemen Liga 1 2019. Dia terlibat dalam 16 dari 31 gol yang dicetak tim asuhan Rahmad Darmawan. Rinciannya, dia mencetak 10 gol dan membuat 6 assist. Catatan itu sangat impresif mengingat dia baru musim ini berkiprah di Indonesia.

Satu hal yang menarik, Ciro Alves bukanlah penyerang utama. Dalam skema Rahmad Darmawan, posisi ujung tombak diisi Louis Arnaud. Namun, dia memiliki konsistensi apik. Dalam sepuluh laga terakhir, dia hanya gagal menyumbangkan gol pada tiga pertandingan.

3. Evgen Bokashvili

Evgen Bokashvili jadi penyerang tajam PSS Sleman pada gelaran Liga 1 2019.
sleman-football.com

Seperti Alex dos Santos dan Ciro Alves, Evgen Bokashvili juga berstatus muka baru pada pentas Liga 1 2019. Dia direkrut PSS Sleman pada awal musim ini dari klub Ukraina, FC Minsk. Hingga 13 pertandingan yang telah dilakoni klubnya, dia sanggup menjejalkan 8 gol atau 42% dari total gol timnya.

Ketajaman pemain berumur 26 tahun itu tak terlepas dari keberadaan gelandang Brian Ferreira. Dari 8 gol yang telah dibuat Bokashvili, tiga di antaranya berasal dari assist manis Ferreira.

4. Makan Konate

Makan Konate telah cetak 8 gol di Liga 1 2019.
pssi.org

Keberadaan Makan Konate di jajaran pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 2019 dengan delapan gol tidaklah mengherankan. Musim lalu pun, dialah yang tertajam di skuat Arema. Sepanjang musim, 13 gol dibuat mantan pemain Persib Bandung tersebut.

Hal yang menarik dari Makan Konate, dia sangat subur di kandang, tapi melempem saat tandang. Musim ini, 7 dari 8 golnya dibuat di Stadion Kanjuruhan yang menjadi markas Arema FC. Musim lalu pun demikian. Dia hanya mencetak 2 gol saat Singo Edan menjalani partai tandang.

5. Marko Simic

Marko Simic tetap tajam bersama Persija Jakarta musim ini.
liga-indonesia.id

Sejak musim lalu, Marko Simic sudah termasuk jajaran striker elite pada pentas sepak bola Indonesia. Pemain asal Kroasia itu memukau sejak turnamen pramusim Piala Presiden 2018 bersama Persija Jakarta. Dia melanjutkannya pada pentas Liga 1 2018 dengan mencetak 18 gol yang menempatkannya berada di posisi ke-3 pemain tersubur.

Memasuki Liga 1 2019, Marko Simic sempat terkendala akibat kasus hukum yang menimpanya saat di Australia. Meskipun demikian, dia tak kehilangan ketajamannya. Total, dia telah mengemas 8 gol dari 9 pertandingan yang dilakoni Persija. Koleksinya itu adalah 80% dari total gol Macan Kemayoran. Dia pun selalu mencetak gol dalam lima laga terakhir.

Comments
Loading...