Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain yang Langsung Mendunia Usai ke Indonesia

Football5Star.com – Indonesia sempat menjadi salah satu tujuan tim-tim dunia untuk promosi sekaligus melakukan uji tanding. Tapi menariknya, beberapa pemain usai perjalanan dari Indonesia langsung mendunia dan melejit di Eropa.

Setidaknya ada 13 tim dunia yang pernah mampir ke Indonesia. Dari mulai Timnas Uruguay, Inter Milan, Chelsea, Liverpool, hingga Juventus pernah singgah ke Tanah Air.

Entah kebetulan atau memang dicocok-cocokkan, pemain-pemain yang ke Indonesia sebelumnya tak terlalu dikenal. Tapi, setelah dari tanah air, pemain tersebut langsung mendunia. Siapa saja? Berikut Football5Star.com sajikan:

Edinson Cavani

Sebelum Piala AFF 2010, Timnas Indonesia mendapatkan lawan yang tangguh dalam uji coba, yakni Timnas Uruguay. Kala itu, mereka sebenarnya tak membawa pemain yang dinanti-nantikan, yakni Diego Forlan.

Mauro Icardi - Atletico Madrid - Inter
instagram.com/psg

Akan tetapi, pasukan Oscar Tabarez malah mampu menang besar atas Indonesia dengan skor 7-1 berkat hat-trick Cavani. Sebelumnya tak banyak yang tahu soal Cavani. Saat itu dia hanya dipinjamkan ke Napoli oleh Palermo.

Setelahnya, pemain yang kni berusia 33 tahun itu langsung melejit. Dia total mengoleksi 78 gol untuk Napoli hingga dibeli Paris Saint-Germain. Bersama PSG, Cavani sudah menorehkan 138 gol dalam 200 penampilan.

Luis Suarez

Pada waktu yang sama, Suarez jua mencetak hat-trick untuk Uruguay ke gawang Indonesia. Sebelumnya, banyak yang belum tahu soal pemain satu ini. Saat ke Indonesia, Suarez berstatus pemain AFC Ajax dengan mengemas 81 gol dalam 110 penampilan dan sejurus kemudian pemain ini langsung mendunia.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain yang Langsung Mendunia Usai ke Indonesia

2011, Suarez lantas hijrah ke Liverpool dan langsung jadi primadona. Bersama The Reds, dia sempat meraih golden boot 2013-2014 dan jadi Player of the Season musim yang sama.

Kini, Suarez memperkuat Barcelona sejak 2014 dan meraih sejumlah gelar. Di antaranya empat La Liga, empat Copa del Rey, dua Supercopa Spanyol, hingga Liga Champions 2-14-2015.

Romelu Lukaku

Sama, Romelu Lukaku memang sejak awal datang ke Chelsea digadang-gadang sebagai The New Didier Drogba. Dia sempat menecetak dua gol dalam kemenangan 8-1 Chelsea atas Indonesia Selection pada 2013.

Dinanti Fans Inter di Indonesia, Begini Reaksi Romelu Lukaku
Getty Images

Usai dari Indonesia, Lukaku kembali dipinjamkan Chelsea ke Everton setelah dari West Bromwich Albion. Tapi, perlahan tapi pasti kariernya langsung melejit. Puncaknya saat dia total mencetak 68 gol udalam 141 penampilan di Everton hingga membuat Manchester United kepincut.

Bersama MU, dia menctak 28 gol dalam 66 pertandingan, sebelum hijrah ke INter Milan 2019 silam. Di Inter, Lukaku sudah mencetak 17 gol hanya dalam 25 laga.

Philippe Coutinho

Coutinho pernah ke Indonesia bersama INter Milan pada 2012 silam. Saat itu dia menyumbangkan dua gol dalam kemenangan 4-2 atas Indonesia di SUGBK. Usai dari Indonesia, semusim setelahnya pemain ini langsung mendunia ketika direkrut oleh Liverpool.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain yang Langsung Mendunia Usai ke Indonesia
Dok Antara

Bersama The Reds, karier gemilangnya dimulai. Dua sempat didaulat jadi pemain terbaik Liverpool pilihan fans 2014-2015 dan 2014-2016, hingga masuk skuat impian Premier Leaugue. Hal itu membuat Barcelona kepincut dan mendatangkannya pada 2018.

Fakta saat ini nasibnya masih simpang-siur, Coutinho tetap menjadi salah satu pemain terbaik dunia. Dia saat ini mengemas 8 gol dalam 22 penampilan dalam masa pinjaman ke Bayern Muenchen.

Toni Kroos

Demikian pula dengan Toni Kroos. Dia pernah datang ke Indonesia bersama Bayern Muenchen pada Mei 2008 silam. Die Roten kala itu meang 5-1 dan Kroos mencetak salah satu golnya.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain yang Langsung Mendunia Usai ke Indonesia

Saat itu Kroos baru saja dipromosikan oleh Bayern dari tim mudanya. Total, Kroos bermain dalam 205 pertandingan dan mengemas 24 gol plus 49 assist yang membuat Real Madrid meminangnya 2014 lalu.

Kini, Kroos bak nyawa buat permainan El Real. Dia total telah bermain dalam 266 laga dan mencetak 18 gol serta 68 assist buat Real Madrid.