5 Pemain yang Pindah dari Chelsea ke Arsenal Sebelum David Luiz

Football5Star.com, Indonesia – David Luiz menjadi salah satu kejutan pada penutupan bursa transfer Premier League, Kamis (8/8/2019). Tanpa diawali rumor berseri, dia hengkang dari Chelsea ke Arsenal. Dia diangkut dengan dana 8,7 juta euro dan diikat kontrak hingga 2021.

Perpindahan pemain dari Chelsea ke Arsenal pun bukanlah hal lazim. Sepanjang sejarah, David Luiz adalah pemain keenam yang melakukan hal itu. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 pemain terdahulu yang pindah dari Chelsea ke Arsenal.

1. Petr Cech

Petr Cech pindah dari Chelsea ke Arsenal karena tak mau jadi deputi Thibaut Courtois.
Twitter @Arsenal

Pada awal musim 2015-16, Petr Cech memutuskan hengkang dari Chelsea ke Arsenal. Pasalnya, dia tak terima hanya menjadi pemain cadangan seiring kedatangan Thibaut Courtois semusim sebelumnya. Dia merasa masih pantas tampil secara reguler.

Di Arsenal, seiring kepergian Wojciech Szczesny ke AS Roma, Cech menjadi pilihan utama. Baru pada musim terakhirnya, 2018-19, dia tergeser oleh Bernd Leno. Selama berkostum The Gunners, kiper asal Rep. Cheska itu dua kali merebut trofi Community Shield dan sekali menjuarai Piala FA.

2. Yossi Benayoun

Yossi Benayoun dipinjam semusim oleh Arsenal dari Chelsea.
zimbio.com

Kesempatan main yang sangat sedikit menjadi alasan Yossi Benayoun rela dipinjamkan ke Arsenal pada pengujung bursa transfer musim panas 2011. Dia diikat selama semusim. Total, dia hanya bermain dalam 25 laga pada berbagai ajang dengan torehan 6 gol dan 3 assist. Itu lebih baik ketimbang musim sebelumnya yang hanya 10 kali membela Chelsea.

Selama semusim di Arsenal, Benayoun tak berhasil meraih trofi. Namun, dia mendapatkan sebuah kenangan indah. Meskipun berstatus pemain pinjaman, dia dipercaya menjadi kapten ketika Arsenal kalah 0-1 dari Manchester City pada ajang Piala Liga.

3. Lassana Diarra

Lassana Diarra hanya lima bulan bertahan di Arsenal setelah meninggalkan Chelsea.
skysports.com

Saat didatangkan Arsene Wenger dari Chelsea pada penutupan bursa transfer musim panas 2007, Lassana Diarra disebut sebagai pemain yang dinilai punya prospek cerah karena multifungsi. Namun, dia tak mampu berbuat banyak dan tak bertahan lama di Arsenal.

Lassana Diarra tercatat hanya lima bulan membela The Gunners. Pada Januari 2008, pemain asal Prancis itu memutuskan hengkang ke Portsmouth dengan transfer sebesar 7 juta euro. Total, dia hanya turun dalam 12 pertandingan bersama The Gunners karena kalah bersaing dari Mathieu Flamini.

4. William Gallas

William Gallas jadi kapten meski hanya sebentar.
sports.sfr.fr

William Gallas pindah dari Chelsea ke Arsenal pada 1 September 2006 sebagai bagian dari kepindahan Ashley Cole. Sebelumnya, dia sempat meminta perpanjangan kontrak dengan gaji lebih besar tapi ditolak manajemen The Blues. Dia sempat mogok sebelum akhirnya dilepas ke Arsenal.

Gallas bertahan selama empat musim di Arsenal. Dia menjadi salah satu pemain andalan di lini belakang dengan turun dalam 142 pertandingan pada berbagai kompetisi. Pemain asal Prancis itu juga sempat didapuk sebagai kapten hanya semusim setelah bergabung. Namun, hanya 1,5 musim kemudian, ban kapten berpindah ke lengan Cesc Fabregas.

5. George Graham

George Graham pindah dari Chelsea ke Arsenal pada 1966.
Twitter @Arsenal

Pada awal musim 1966-67, manajer Bertie Mee dibuat pusing oleh kepergian gelandang Joe Baker. Pada akhirnya, pilihan jatuh kepada George Graham dari Chelsea. Untuk memboyong pemain asal Skotlandia itu, The Gunners menyerahkan uang 50 ribu pounds plus Tony Baldwin.

Perekrutan itu tak sia-sia. Enam musim berada di Highbury, George Graham jadi bagian penting dari keberhasilan The Gunners juara Piala Fairs 1969-70 serta juara Liga Inggris dan Piala FA musim berikutnya. Total, dia tampil dalam 259 pertandingan dan mencetak 65 gol bagi Arsenal. Pada 1986, dia kembali ke Highbury sebagai manajer dan bertahan hingga 1995.

Comments
Loading...