5 Pendahulu Griezmann dari Prancis yang Sukses di Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Antoine Griezmann akhirnya diresmikan sebagai pemain baru Barcelona. Ia didatangkan dari Atletico Madrid dengan nilai transfer mencapai 120 juta euro.

Kendati menuai banyak kontroversi, kedatangan Griezmann tentu saja memunculkan harapan baru untuk Barcelona. Mereka yang selama ini hanya bertumpu pada Lionel Messi bisa saja menjadikan pemain asal Prancis itu sebagai harapan baru di lini serang El Barca.

Akan tetapi, tetap saja ada keraguan yang muncul di benak beberapa penggemar Barca terkait performanya. Apalagi ia memiliki beban berat, yakni nilai transfer yang sangat tinggi dan sekaligus menjadikan dirinya sebagai pemain termahal kedua klub itu.

Jika melihat sejarah, fan Barcelona patut optimistis terhadap kesuksesan sang bomber di masa depan. Bagaimana tidak, mereka dikenal punya beberapa pemain asal Prancis yang menuai sukses.

Football5star.com merangkum lima pendahulu Griezmann yang menuai sukses saat berseragam La Blaugrana:

  • Eric Abidal
marca.com

Nama yang satu ini tidak bisa dipisahkan dari generasi tiki-taka Barcelona. Ya, Eric Abidal menuai sukses besar saat berseragam biru-merah. Memperkuat klub sejak 2007 silam, ia mampu menjadi pilihan utama di lini belakang.

Enam musim berada di Camp Nou, Abidal sukses mempersembahkan 16 trofi dari berbagai macam kompetisi. Yang paling membanggakan tentu saja empat gelar LaLiga dan dua Liga Champions.

Selain bergelimang prestasi, pemain yang didatangkan dari Lyon tersebut juga berhasil membuat 193 penampilan. Atas persembahannya itu, pihak klub mengganjar mantan bek kiri itu dengan posisi baru setelah pensiun sebagai pemain. Kini pria 39 tahun menjabat sebagai Direktur Olahraga Barca.

  • Ludovic Giuly
lionel messi ludovic giuly barca barcelona
barcablog.com

Sebelum era tiki-taka, Barcelona mengandalkan banyak pemain dari berbagai negara di eranya. Salah satunya tentu saja gelandang elegan asal Prancis, Ludovic Giuly. Sukses membawa AS Monaco mencapai final Liga Champions 2003, ia langsung digaet El Barca dengan banderol 8,5 juta euro.

Keputusan klub Katalonia mendaratkan Giuly terbukti jitu. Ia mampu membangun trisula maut dengan Ronaldinho dan Deco Souza. Bertahan sampai tiga musim, dirinya mampu menorehkan beberapa trofi bergengsi, termasuk dua LaLiga dan satu Liga Champions.

Yang paling berkesan tentu saja keberhasilan pria yang sekarang menjabat sebagai duta AS Monaco saat membawa Barca menjuarai Liga Champions musim 2005-2006 silam. Ketika itu Barcelona memastikan gelar di tanah kelahiran Giuly, Prancis.

  • Samuel Umtiti
@FCBarcelona

Barcelona sempat kesulitan mencari pengganti Carles Puyol yang pensiun 2014 lalu. Tapi mereka berhasil menemukan pengganti sepadan semusim kemudian dengan mendatangkan Samuel Umtiti dari Olympique Lyon.

Ia langsung diplot sebagai tandem Gerard Pique di jantung pertahanan. Baik saat klub masih dilatih Luis Enrique, hingga sekarang Ernesto Valverde, Umtiti tetap diandalkan. Bisa dikatakan hanya faktor cedera yang membuat ia tidak dimainkan sang pelatih.

Berbicara soal prestasi, bek berusia 25 tahun itu tidak kalah dengan dua nama di atas. Secara total ia mampu mempersembahkan tujuh trofi bergengsi, termasuk dua trofi LaLiga secara beruntun musim 2017-2018 dan 2019-2019 serta dua trofi Copa del Rey musim 2016-2017 dan 2017-2018.

  • Clement Lenglet
antoine griezmann clement lenglet atletico madrid barcelona - twitter Fussboll_
@Fussboll_

Baru datang pada musim 2018-2019, Clement Lenglet langsung mencuri perhatian. Ia berhasil memanfaatkan cedera panjang Samuel Umtiti untuk mengalihkan perhatian Ernesto Valverde padanya. Bahkan ketika kompatriotnya itu sudah pulih, sang bek tengah tetap dipercaya untuk mengawal lini pertahanan.

Perjudian Barcelona mengeluarkan uang sebesar 35 juta euro demi mendatangkannya dari Sevilla terbukti tepat. Di musim perdananya di Camp Nou, pemain 24 tahun berhasil mengemas 45 penampilan di semua ajang. Dia juga berhasil menorehkan tiga gold an membawa Barca juara LaLiga musim lalu.

Musim depan Lenglet diprediksi akan kembali menghuni jantung pertahanan Barca. Tapi ia harus bekerja lebih keras lagi karena kondisi Samuel Umtiti sudah pulih total. Tapi bukan tidak mungkin jika mereka berdua akan diduetkan Valverde mengingat kondisi Gerard Pique yang kian termakan usia.

  • Thierry Henry
zimbio.com

Semua catatan manis yang ditorehkan Thierry Henry bersama Arsenal selama delapan tahun ternyata tidak membuat dirinya puas. Pemain yang turut membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 silam itu kemudian pindah ke Barcelona pada 2007 lalu dengan banderol 45 juta euro.

Di musim pertamanya di Spanyol, Henry memang mengalami kesulitan. Kendala bahasa dan gaya permainan sempat menghambat adaptasinya di tahun pertama. Tapi peruntungannya langsung berubah di tahun kedua saat klub dilatih Pep Guardiola.

Kerja samanya dengan Lionel Messi dan Samuel Eto’o di lini depan menghadirkan trio maut mematikan di Eropa. Alhasil ia sukses meraih gelar yang selalu gagal ia dapat selama memperkuat Arsenal, Liga Champions, musim 2008-2009. Sementara dari aksinya di lapangan, Henry berhasil mencetak 49 gol dari 121 penampilan untuk El Barca.

Comments
Loading...