5 Pengkhianatan Besar di Laga Persib vs Persija

Football5Star.com – Laga menarik akan tersaji antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadio Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (28/10/2019). Menjelang laga Persib vs Persija, ternyata banyak jua penyebrang atau pengkhianat di antara kedua kesebelasan.

Laga Persib vs Persija terbilang sangat panas bahkan sampai dijuluki Derby Indonesia. Namun, nyatanya panasnya aroma persaingan itu tak membuat pemain kedua kesebelasan sungkan saling menyebrang.

Sejak 1991 lalu, tercatat total ada 37 pengkhianat dalam laga panas ini. Dimulai saat Yudi Guntara yang perkuat Persija, menyebrang ke Kota Kembang pada 1991.

Total, ada 25 pemain Persija yang dibajak oleh Persib. Sebaliknya, sebanyak 12 pemain Persib hijrah ke Persija. Lantas siapa saja pengkhianat Persib vs Persija paling terbaru?

Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya:

Tony Sucipto

Nama Tony Sucipto terbilang paling sering menyebrang di antara Persija dan Persib. Dia membela Persija pada 2010 hingga 2011 lalu. Namun, menyebrang pada 2011 ke Persib.

Selama membela Persib, pemain yang karib disapa Toncip itu memperkuat tim hingga 2018. Nah, musim ini, dia kembali berseragam Macan Kemayoran dan acap beberapa kali menjadi andalan.

Maman Abdurrahman

Maman pernah berkostum Persib pada musim 2008-2013. Bahkan Maman pernah jadi kapten Maung Bandung. Malahan, Maman pernah menjadi juru penyelamat Persib dari kekalahan lawan Persija.

Kala itu, 27 Mei 2012, Maman cetak gol dua menit jelang bubaran dan memupuskan kemenangan Persija. Skor-pun berakhir 2-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dia pindah ke ibukota awal tahun 2016 lalu dan hingga kini.

Shahar Ginanjar

Shahar Ginanjar sebenarnya pernah tenar bersama Persib. Dia membela Maung Bandung dalam rentang waktu 2013 hingga 2015. Sayangnya, di sana dia tak mendapat banyak kesempatan degan 12 kali tampil.

Kiper 28 tahun itu lantas pindah ke Mitra Kukar, Barito Putera, PSM Makassar, dan kini bersama Persija Jakarta. Dia gabung Persija pada tengah musim lalu dengan status pinjaman dari PSM. Kiper 28 tahun itu kerap menjadi andalan saat Andritany Ardhiyasa cedera atau dipanggil Timnas Indonesia.

Atep Rizal

Atep pernah dijuluki wonderkid Persija saat bergabung musim 2004 lalu. Namanya selalu menghiasi starting eleven Macan Kemayoran hingga 2008. Tercatat dia tampil dalam 53 kesempatan dan mengemas 14 gol buat Persija.

Akan tetapi, pada 2008 dia akhirnya pulang ke Persib, tim yang mendidiknya. Bersama Maung Bandung, Atep bergabung 10 musim dan mengemas 220 penampilan serta 30 gol. Musim lalu, kontraknya tak diperpanjang dan kini dia main bersama Mitra Kukar.

Raphael Maitimo

Maitimo boleh dibilang sering sekali berganti-ganti klub. Paling lama di Indonesia, dia cuma bertahan semusim untuk sebuah klub. Pemain kelahiran Rotterdam itu pernah memperkuat Persija pada Piala Jenderal Sudirman 2015 lalu. Bahkan, kala itu Maitimo sukses cetak tiga gol buat Macan Kemayoran.

Namun pemain naturalisasi tersebut sempat berganti kostum ke kubu Persib pada 2017. Bersama Maung Bandung, 9 gol dari 28 penampilan. Tapi dia langsung pindah ke Madura United musim 2018. Semenjak tinggalkan Persib, Maitimo total sudah memperkuat empat klub berbeda dalam jangka waktu dua tahun saja.

Persib BandungPersib vs PersijaPersija Jakarta