5 Pesepak Bola yang Berpindah Tim Nasional

Football5star.com, Indonesia – Di sepak bola, setiap pemain diizinkan untuk berpindah tim nasional (timnas). Dalam Statuta FIFA tahun 2009, setiap pemain yang ingin berpindah timnas setidaknya harus memenuhi empat hal.

Pada dasarnya, seorang pemain berhak membela sebuah negara berdasarkan paspor yang dipegangnya. Bagi pemain dengan beberapa paspor karena faktor keturunan, dia boleh memilih salah satu di antaranya.

Meskipun begitu, ada syarat lain yang harus ditaati oleh pemain yang ingin pindah. Mereka tidak boleh bermain untuk timnas dengan level pertandingan “Level A”, atau pertandingan-pertandingan resmi yang ada dalam kalender FIFA. Pemain juga tidak boleh bermain di kompetisi atau turnamen yang telah ia mainkan dengan timnas yang sebelumnya.

Lalu, siapa saja pemain yang pernah berpindah timnas? Football5star.com merangkumnya secara khusus untuk kalian semua.

Declan Rice (Irlandia ke Inggris)

Declan Rice Pilih Timnas Inggris daripada Irlandia - Football5star - The Independent
The Independent

Ini merupakan kejadian paling hot. Declan Rice memutuskan untuk membela timnas Inggris ketimbang Timnas Irlandia pada 13 Februari 2019. Secara garis keturunan, Rice adalah asli Irlandia, namun ia lahir dan besar di London yang membuat ia memiliki kewarganegaraan Inggris.

Rice sempat bermain sebanyak sepuluh kali untuk timnas junior Irlandia dalam rentang waktu 2016 hingga 2017. Di level senior, pemain West Ham United ini juga telah mengecap tiga pertandingan ujicoba bersama timnas Irlandia. Debut Internasional Rice terjadi pada saat Ilrlandia melawan Turki pada 23 Februari 2018.

Diego Costa (Brasil ke Spanyol)

Diego Costa urung perkuat Timnas Spanyol dan digantikan Iago Aspas - Football5star - Happyghana
Happyghana

Nama kedua yang berpindah timnas adalah Diego Costa. Penyerang ganas Atletico Madrid dulunya bermain untuk timnas Brasil. Secara aliran darah dan kelahiran, Costa murni milik Brasil. Namun ia tinggal di Spanyol sejak 2007 dan memenuhi unsur tinggal di negara yang dituju selama lima tahun.

Costa sempat bermain sebanyak dua untuk timnas Brasil dan menjalani debut pada Maret 2013. Juli 2013, ia mendapatkan kewarganegaraan Spanyol. September 2013, RFEF atau PSSI-nya Spanyol mengajukan surat ke FIFA agar bisa memainkan Costa. Oktober 2013, giliran Costa yang mengajukan surat ke CBF atau PSSI-nya Brasil agar diizinkan pindah ke Spanyol. Pada Maret 2014, Costa menjalani debut untuk timnas Spanyol saat melawan Italia. Kepindahan Costa ke Spanyol ternyata tak berbuah manis. Prestasi Spanyol di Piala Dunia 2014 jauh di bawah Brasil. Hingga saat ini, Costa telah bermain sebanyak 24 kali dan mencetak 10 gol untuk timnas Spanyol.

Wilfried Zaha (Inggris ke Pantai Gading)

The Sun

Jika dua nama sebelumnya pindah ke level timnas yang lebih tinggi, maka tidak bagi Wilfried Zaha. Zaha memilih pindah dari Timnas Inggris ke Pantai Gading. Zaha lahir dan memiliki darah Pantai Gading murni. Namun pada usia empat tahun, ia dan orang tuanya pindah ke Inggris.

Ia menjalani debut profesional di timnas Inggris pada 2012 saat dilatih oleh Roy Hodgson. Di level junior, pemain Crystal Palace ini bermain sebanyak 15 kali. Tiga tahun absen membela timnas ditambah dengan besarnya keinginan Pantai Gading untuk mendapatkan servisnya, ia memutuskan memilih Pantai Gading. November 2015, FIF, PSSI-nya Pantai Gading mengajukan surat kepada FIFA agar Zaha diizinkan pindah ke Pantai Gading. Pada gelaran Piala Afrika 2017, namanya masuk dalam skuad Pantai Gading. Sejauh ini, mantan pemain Manchester United ini telah bermain sebanyak sembilan kali dan mencetak dua gol untuk timnas Pantai Gading.

Thiago Motta (Brasil ke Italia)

5 Pesepak Bola yang Berpindah Tim Nasional - Football5star - Getty Images
Getty Images

Thiago Motta menjadi nama lain yang sempat berpindah timnas. Jebolan La Masia ini berasal dan lahir di Brasil. Namun ia memiliki darah Italia dari sang kakek yang pindah ke Italia. Sepanjang kariernya, Motta lebih banyak habiskan di Eropa ketimbang di Brasil.

Pada 1999, ia bergabung dengan Barcelona. Pada 2003 ia sempat bermain untuk timnas Brasil dalam gelaran Gold Cup. Bagi FIFA, Gold Cup dianggap bukanlah pertandingan “level A” yang membuat ia diizinkan pindah timnas dengan membela Italia pada tahun 2011. Motta telah memutuskan pensiun dari timnas Italia pada 2016. Selama membela Gli Azzurri, ia bermain sebanyak 30 kali dan mencetak satu gol.

Nacer Chadli (Maroko ke Belgia)

5 Pesepak Bola yang Berpindah Tim Nasional - Football5star - ClubCall
ClubCall

Nama terakhir yang sempat berpindah timnas adalah Nacer Chadli. Ia memiliki kewarganegaraan Maroko dan Belgia. Secara garis keturunan, ia adalah seorang Maroko. Namun ia lahir dan besar di Belgia. Belgia sedari dulu memang ramah dengan para pendatang.

Pada November 2010, ia sempat bermain untuk timnas Maroko saat menjalani laga ujicoba melawan Irlandia Utara. Itu menjadi satu-satunya pertandingan yang Chadli lakoni bersama timnas Maroko. Karena pada dua bulan setelahnya, ia mengajukan izin pindah ke Belgia dan pada Februari 2011, ia debut untuk timnas Belgia melawan Finlandia. Chadli juga menjadi salah satu golden generation timnas Belgia. Sejauh ini, pemain AS Monaco ini telah bermain sebanyak 55 kali dan mencetak 6 gol untuk timnas Belgia.

Comments
Loading...