Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Putra Papua yang Curi Perhatian Publik Luar Negeri

Football5Star.com – Talenta putra Papua sudah tak diragukan selalu melahirkan pesepak bola berbakat buat Indonesia. Bahkan, lima di antaranya sukses mencuri perhatian publik luar negeri, baik bersama Timnas Indonesia atau klubnya.

Nyaris tiap generasi, Papua selalu mempersembahkan talenta terbaiknya untuk Indonesia. Bahkan, pemain dari ujung Timur Indonesia itu sudah tersebar di berbagai klub Tanah Air.

Beberapa di antaranya sukses mencuri perhatian publik luar negeri, baik saat membela Timnas Indonesia ataupun di klubnya. Siapa saja? Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya:

Aples Tecuari

Aples Tecuari merupakan salah satu bek tanggung yang pernah dimiliki Indonesia pada era 1990-an hingga awa 2000-an. Aples pernah menjadi sosok penting yang membawa Indonesia meraih perak SEA Games 1997, serta runner-up Piala AFF (dulu masih bernama Piala Tiger) 2002.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Putra Papua yang Curi Perhatian Publik Luar Negeri

Pada final SEA Games 1997, dia pernah disorot media Thailand ketika Kiatisuk Senamuang bercerita tentangnya. Kiatisuk pernah mengaku kesulitan ketika harus melewati Aples. Dia pernah jua main melawan Parma yang masih diisi Gianluigi Buffon saat masuk dalam program Primavera.

Rully Nere

Pemain yang memperkuat Persipura Jayapura pada 1980-an, ini merupakan bagian dari tim nasional Indonesia yang memenangkan medali emas SEA Games 1987 silam. Dia disorot usai membantu terciptanya satu-satunya gol oleh Ribut Waidi di final melawan Malaysia.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Putra Papua yang Curi Perhatian Publik Luar Negeri
New Straits Times

Rully juga merupakan salah satu otak serangan timnas pada Pra-Piala Dunia 1986. Mutiara dari Papua ini merupakan pemain gelandang yang ditugaskan menyalurkan umpan-umpan manja kepada duet Bambang Nurdiansyah dan Dede Sulaiman kala itu.

Elie Aiboy

Elie Aiboy merupakan pemain sayap cepat yang dilahirkan Tanah Papua untuk Indonesia pada eranya. Dia mencatatkan 48 caps untuk Indonesia dan mengemas 8 gol. Salah satu golnya disorot karena mampu menjebol gawang Arab Saudi pada Piala Asia 2007 silam.

Paling istimewa lagi saat Elie sukses menjadi pemain berharga pada Piala FA Malaysia 2005 silam. Saat berseragam Selangor FA, Elie jua sukses meraih gelar Malaysia Premier League, PIala FA Malaysia, dan Piala Malaysia.

Boaz Solossa

Sulit menggambarkan karier Boaz Solossa. Sebab, sejak 2002 silam, pemain asal Sorong, Papua itu sudah mengukir sejumlah prestasi, baik buat Persipura Jayapura maupun Indonesia.

Total sudah tujuh gelar yang dipersembahkan Boaz untuk Persipura, mulai dari Ligina 2005, hingga ISC 2016 lalu. Tercatat, Boaz sudah mengoleksi 298 penampilan dan 177 gol buat INdonesia.

affsuzukicup.com

Putra Papua itu pernah mendapat tawaran untuk bermain di klub Belanda VVV-Venlo, tetapi menolak tawaran itu dan tetap bersama Persipura di Jayapura. Pada 2017 dia terpilih sebagai pesepa kbola Indonesia pertama yang masuk daftar 50 pemain terbaik Asia oleh majalah Fourfourtwo.

Osvaldo Haay

Osvaldo Haay, putra Papua yang kembali meneruskan tongkat para seniornya. Baru berusia 22 tahun, pemain Persija Jakarta itu sudah mengoleksi sejumlah penghargaan.

Pada level klub, Haay turut dalam skuat Persipura yang juara ISC 2016, dan meraih runner-up bersama Persebaya Surabaya musim lalu. Pada level internasional, Haay berhasil meraih medali perunggu di SEA Games 2017 dan perak di SEA Games 2019 serta jadi top skorer.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Putra Papua yang Curi Perhatian Publik Luar Negeri

Baru-baru ini, Haay juga disebut FIFA sebagai Prospek Terpanas Indonesia. Dalam situs resminya, FIFA membahas soal Osvaldo Haay. Mereka melakukan wawancara sekaligus memuji bakat sang pemain.

“Osvaldo mungkin bukan nama yang familiar saat ini, bahkan di Asia. Namun, striker berbakat ini adalah salah satu prospek terbaik di negaranya setelah menjadi top skor SEA Games Desember 2019. Dia mencetak delapan gol dan membawa negaranya meraih medali perak,” tulis FIFA.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More