5 Rekor Bundesliga 1 Musim 2018-19

Football5star.com, Indonesia – Drama penentuan juara Bundesliga musim 2018-19 akhirnya dapat diketahui malam ini. Peta persaingan juara hanya menyisakan dua klub, yakni Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Bayern berpeluang besar meraih gelar juara. Sebab, skuat asuhan Nico Kovac saat ini berada di peringkat pertama unggul dua poin dari pesaingnya, Dortmund, yang menempel di peringkat kedua.

Bayern mengoleksi 75 poin, sedangkan Dortmund dengan 73 poin. Klub yang bermarkas di Allianz Arena ini akan bertindak sebagai tuan rumah menjamu Eintracht Frankurt di partai pamungkas, sementara Dortmund menjalankan laga sulit bertandang ke kandang Borussia Monchengladbach.

Di samping menarik mengikuti persaingan menuju tangga juara, kompetisi yang diikuti 18 tim ini kerap terjadi rekor sepanjang musim 2018-19. Pencetak gol tertua, pencetak gol bunuh diri tercepat, atau bahkan rekor yang dibuat oleh pemain belia.

Berikut Football5star.com tampilkan 5 rekor Bundesliga yang terjadi sepanjang musim 2018-19.

1. Gol Bunuh Diri Tercepat

Laga Bayern Munich vs FC Augsburg yang berlangsung pada 16 Februari silam diwarnai catatan rekor. Gelandang Bayern, Leon Goretzka, melakukan gol bunuh diri ke gawang sendiri yang dijaga oleh rekannya, Manuel Neuer.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion WWK Arena, Leon Goretzka melakukan gol bunuh diri pada detik ke-13. Rekor yang ditorehkan Goretzka tersebut masuk dalam sejarah Bundesliga, sebab gol bunuh diri tersebut merupakan yang tercepat di Bundesliga.

2. Pemain Asing Tersubur Sepanjang Sejarah

Saat Bayern Munich menghadapi tuan rumah Borussia Moenchengladbach pada Sabtu (2/3/2019), Robert Lewandowski mencetak dua gol dan membawa timnya menang telak 5-1.

Dua gol Striker Bayern asal Polandia itu sukses menyamai rekor milik Claudio Pizarro sebagai pemain asing dengan jumlah gol terbanyak di ajang Bundesliga. Saat itu, dua gol Robert Lewandowski menyamai torehan 195 gol Bundesliga milik Claudio Pizarro yang berasal dari Peru.

Namun, produktivitas gol Lewandowski terus bertambah. Memasuki pekan terakhir, total striker timnas Polandia itu telah mencetak 202 gol di Bundesliga, sekaligus melewati torehan total gol Pizzaro dengan 196 gol.

3. Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah

Claudio Pizarro menobatkan diri sebagai pencetak gol tertua sepanjang sejarah Bundesliga. Rekor itu dibuat Pizarro saat memperkuat klubnya, Werder Bremen menghadapi Hertha Berlin di Stadion Olimpiade, Sabtu (16/2/2019), yang berakhir imbang 1-1.

Claudio Pizarro mencatatkan diri sebagai pemain tertua yang mencetak gol di Bundesliga. Saat mencetak gol, Pizarro berusia 40 tahun 136 hari. Pizzaro mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Mirko Votava yang berusia 40 tahun 121 hari saat mencatakan rekor tersebut. Rekor itu dipertajam lewat gol yang dibuat pada pekan terakhir ke gawang RB Leipzig.

4. Pembuat 5 Gol Termuda di Bundesliga 1

Luka Jovic mencatat rekor sebagai pemain termuda yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan di Bundesliga. Pemain berusia 20 tahun asal Serbia ini melakukan aksi tersebut saat memperkuat timnya, Eintracht Frankfurt mengalahkan Fortuna Duesseldorf, Jumat (19/10/2019), yang berakhir dengan skor 7-1.

Luka Jovic secara luar biasa mencetak 5 gol dalam rentan waktu 46 menit. Luka Jovic mencetak gol pada menit ke-26, 34, 55, 69, dan 72.

5. Assist Terbanyak Pemain Inggris

Winger muda Borussia Dortmund asal Inggris, Jadon Sancho, menorehkan rekor saat menghadapi Schalke, Sabtu (27/4/2019) di Signal Iduna Park pada pekan ke-31 Bundesliga.

Meski Dortmund dikalahkan dengan skor 4-2, Jadon Sancho mencetak rekor istimewa. Ia mencetak assist ke-14 di laga bertajuk Revierderby. Itu menyamai Frank Lamprd yang juga mencetak 14 assist dalam semusim pada 2009-10 bagi Chelsea di Liga Inggris.

Total, hingga pekan terakhir, Sancho menorehkan 17 assist bagi rekan-rekannya di Dortmund. Itu catatan luar biasa mengingat dirinya baru berumur 19 tahun.

Comments
Loading...