5 Rekor Piala Dunia Wanita 2019

Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia Wanita 2019 sudah resmi berakhir. Amerika Serikat kembali membuktikan kedigdayaannya setelah keluar sebagai juara usai mengandaskan perlawanan Belanda di final, Minggu (7/7/2019).

Kendati Amerika Serikat kembali menjadi yang terbaik, bukan berarti tidak ada rekor yang tercipta pada Piala Dunia Wanita yang tahun ini berlangsung di Prancis. Setidaknya ada lima rekor yang dipecahkan para pemain di atas lapangan hijau.

Untuk itu Football5star.com sudah merangum lima rekor Piala Dunia Wanita 2019:

  • Tradisi Top Skorer Amerika Serikat
Megan Rapinoe - AS - Piala Dunia Wanita 2019 - Football5star
@OptaJoe

Satu gol yang dicetak Megan Rapinoe di partai final menggenapi torehan golnya menjadi enam sepanjang turnamen Piala Dunia Wanita 2019. Catatan ini sekaligus melambungkan namanya ke puncak top skorer dalam helatan kali ini.

Akan tetapi, Rapinoe bukan satu-satunya pemain yang mampu mencetak enam gol. Adapula dua nama lainnya seperti rekan satu tim, Alex Morgan, dan pemain Inggris, Ellen White. Namun, tetap saja penghargaan lebih patut diberikan Rapinoe.

Ia kini melanjutkan tongkat estafet yang dilakukan oleh dua pendahulunya, Michelle Akers-Stahl (1991), dan Carli Lloyd (2015). Keduanya juga berstatus top skorer ketika membawa Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Wanita.

  • Rekor Kemenangan Terlama di Piala Dunia
Inggris vs Amerika Serikat - Piala Dunia Wanita - Alex Morgan - Goal
goal.com

Kemenangan 2-0 Amerika Serikat atas Belanda kian mengukuhkan status mereka yang tak pernah kehilangan satu poin pun di Prancis. Capaian ini bahkan menjadi torehan bersejarah untuk Alex Morgan dkk.

Mereka kini jadi tim senior yang mampu meraih kemenangan terpanjang dalam sejarah Piala Dunia. Sejak Piala Dunia 2015 lalu, Negeri Paman Sam tidak pernah meraih hasil imbang, apalagi kalah di turnamen empat tahunan tersebut.

Total Amerika sudah mengoleksi 12 kemenangan. Torehan ini sekaligus mematahkan rekor yang sebelumnya di buat timnas pria Brasil. Pada periode 2002 dan 2006 Brasil memenangkan 11 pertandingan. Tentu catatan kemenangan Amerika ini bisa berlanjut andai mampu mengawali Piala Dunia Wanita 2023 dengan tiga poin.

  • Pelatih Hebat itu Bernama Jill Ellis
jill ellis (usatoday)
usatoday.com

Kesuksesan Amerika Serikat ini memang menghasilkan banyak rekor baru. Setelah Megan Rapinoe, torehan emas juga dicatatkan sang pelatih, Jill Ellis. Ia tercatat sebagai pelatih pertama yang mampu memenangkan dua trofi Piala Dunia Wanita.

Sebelum gelaran 2019 ini, Ellis juga sukses membawa negaranya menang di turnamen yang sama pada 2015 lalu. Tidak hanya itu, keberhasilannya kali ini sekaligus menjadikan Negeri Paman Sam sebagai tim kedua yang mampu memenangi Piala Dunia dua kali beruntun.

Mereka menyamai rekor yang dimiliki timnas Jerman. Ketika itu Tim Panzer juara di Piala Dunia 2003 dan 2007. Menariknya, trofi yang diraih 2003 silam mereka raih di Amerika Serikat yang saat itu terpilihs sebagai tuan rumah.

  • Final Pertama Belanda
Belanda vs Jepang - Piala Dunia Wanita - Reuters
reuters.com

Belanda boleh kalah dari Amerika Serikat di final tahun ini. Tapi kekalahan tersebut tidak membuat mereka nihil rekor. Capaian di final tahun ini justru menjadikan Vivianne Miedema dkk untuk pertama kalinya menembus partai puncak.

Ya, sebelumnya capaian terbaik Belanda di Piala Dunia Wanita hanya sampai perempat final saja. Hal ini tak lepas dari level permainan mereka yang sebelumnya masih kalah jauh dari tim-tim Eropa lain seperti Jerman maupun Swedia.

Tapi sejak tim diambil alih Sarina Weigman, Negeri Kincir mampu mengejutkan dunia. Sebelum meraih final Piala Dunia pertama sepanjang sejarah, mereka juga mampu menjuarai Piala Eropa yang berlangsung pada 2015 lalu.

  • Marta Top Skorer Piala Dunia Sepanjang Masa
Marta mendedikasikan rekor golnya di Piala Dunia bagi seluruh pesepak bola wanita di dunia.
globoesporte.globo.com.br

Brasil boleh gagal total di Piala Dunia Wanita 2019 setelah tersingkir di perempat final usai kalah 1-2 dari Prancis. Tapi kegagalan tersebut tidak membuat bintang mereka, Marta, kehilangan daya tariknya sebagai seorang legenda.

Dua gol yang ia cetak selama di Prancis sudah cukup membuatnya menjadi top skorer Piala Dunia sepanjang dengan torehan 17 gol. Ia pun melampaui rekor yang sebelumnya dipegang striker Jerman, Miroslav Klose, yang mencetak 16 gol selama Piala Dunia.

Tentu rekor yang dibuat Marta bukan itu saja. Dia juga menjadi pemain pertama yang sukses mencetak gol di lima edisi Piala Dunia beruntun. Sebelumnya dia juga mencetak gol di Piala Dunia 2003, 2007, 2011, dan 2015.

Comments
Loading...