5 Rekor yang Tercipta di Copa America 2019

Football5star.com, Indonesia – Brasil yang berstatus tuan rumah berhasil mengakhiri Copa America 2019 sebagai juara. Sepanjang berlansungnya turnamen tersebut setidaknya ada sejumlah rekor yang tercipta.

Brasil mampu membuktikan kehebatan mereka meski tidak diperkuat sang pemain terbaik, Neymar. Tim Samba – julukan Brasil – mengalahkan Peru di final Copa America 2019 dengan skor 3-1 di Stadion Jornalista Mario Filho, Senin (8/7/2019) dini hari WIB.

Keberhasilan skuat asuhan Adenor Leonardo Bacchi alias Tite menjadi kampiun juga diwarnai dengan pemecahan rekor. Bahkan, empat rekor di antaranya ditorehan tim dan pemain Brasil.

1. Rekor Lionel Messi

Lionel Messi - Kartu Merah - Conmebol - Copa America - Goal
Goal.com

Megabintang Argentina, Lionel Messi, seperti tak ada habisnya dalam urusan membuat rekor. Bahkan, di Copa America 2019, pemain kunci Barcelona ini setidaknya menciptakan tiga rekor. Namun, ia hanya mampu mengantarkan kesebelasan berjulukan Tim Tango hingga semifinal.

Pertama, Messi merupakan pemain pertama yang mampu 10 kali menjadi pemain terbaik dalam satu pertandingan. Catatan tersebut dibuatnya dalam empat edisi Copa America. Dengan rincian 2 kali pada 2011, 4 kali (2015), 3 kali (2016), dan 1 kali (2019).

Kedua, Messi adalah pemain dengan assist terbanyak di turnamen ini. Satu assist saat Tim Tango menang 2-1 atas Cile dalam perebutan tempat ketiga membuat torehannya menjadi 12.

Sebelumnya, ia bisa membuat assist dalam empat edisi Copa America sebelumnya, yakni pada 2007 sebanyak 1 kali, 2011 (3 kali), 2015 (3 kali), dan 2016 (4 kali).

Terakhir, Messi merupakan pemain pertama yang bisa 27 kali tampil di Copa America bersama timnas Argentina. Memecahkan rekor sebelumnya milik Javier Mascherano sebanyak 26 cap.

2. Rekor adu penalti

Philippe Coutinho - Brasil - Football5star -
gettyimages.com

Hasil positif dengan skor 4-3 Brasil atas Paraguay di babak perempat final membuat mereka menjadi tim pertama dengan kemenangan terbanyak dalam adu penalti. Sejauh ini, Tim Samba sudah 5 kali menang dalam adu penalti pada 1995, 2004, 2004, 2007, dan 2019.

Sementara itu, Uruguay menjadi tim yang paling sering mengalami kekalahan dalam adu penalti, yakni sebanyak lima kali. Terbaru, mereka dikalahkan Peru di babak perempat final Copa America tahun ini.

3. Rekor Alisson Becker

Alisson Becker - Brasil - Copa America 2019 - Football5star

Penampilan apik Alisson Becker di bawah mistar gawang membuatnya bisa membuat beberapa rekor. Terutama setelah berhasil mengantarkan Brasil keluar sebagai juara Copa America 2019.

Alisson cuma kebobolan satu gol dalam setiap laga (6 pertandingan) yang dilakoninya di turnamen ini sepanjang 90 menit. Satu-satunya gol itu terjadi di final saat Brasil menang 3-1 atas Peru.

Pemilik anyar nomor punggung 1 di Liverpool ini pun akhirnya meraih gelar sebagai kiper terbaik Copa America 2019. Bahkan, ia menjadi kiper pertama yang mampu mengawinkan tiga penghargaan sarung tangan emas dalam satu tahun. Sebelumnya, penjaga gawang Liverpool itu juga dinobatkan sebagai kiper terbaik Liga Inggris dan Liga Champions.

Secara keseluruhan Alisson menampilkan 62 laga dengan 36 cleansheet, cuma kebobolan 36 gol, baik di level timnas maupun klub.

Selain itu, ia juga hanya kebobolan satu gol setelah gawangnya suci selama 889 menit laga di seluruh kompetisi. Sebelum gawangnya terjebol di final, terakhir kali ia memungut bola dari dalam gawangnya terjadi pada 4 Mei 2019.

4. Rekor Gabriel Jesus

gabriel jesus ngamuk (@brfootball
twitter/@brfootball

Gabriel Jesus membuat rekor yang tergolong ironis. Catatan tersebut terjadi saat penyerang Manchester City itu bermain di final Copa America 2019.

Jesus menjadi salah satu pemain yang mencetak gol bagi Brasil ke gawang Peru. Namun, kontribusi positifnya itu juga berujung rekor negatif. Penyebabnya adalah kartu merah yang diterimanya juga di laga tersebut.

Kartu kuning kedua yang diberikan kepada Jesus membuat Tim Samba harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70. Beruntung, skuat asuhan Tite masih mampu mempertahankan keunggulan hingga laga tuntas.

Jesus menjadi pemain pertama yang mencetak gol sekaligus mendapat kartu merah di pertandingan final Copa America.

5. Rekor Dani Alves

Dani Alves merengkuh gelar juara ke-40 berkat keberhasilan timnas Brasil juara Copa America 2019.
tn.com.ar

Dani Alves dapat dikatakan sebagai pemain paling sukses dalam sejarah sepak bola dunia. Betapa tidak, kapten timnas Brasil ini adalah pemain dengan jumlah keberhasilan memenangi gelar terbanyak.

Alves pemain pertama yang sanggup mengoleksi 40 gelar sepanjang perjalanan karier setelah mengantarkan Brasil kampiun Copa America tahun ini. Tidak ada pemain lain yang mampu menyamai jumlah pencapaiannya tersebut.

Jumlah tersebut bahkan terpaut 4 trofi dari pesaing terdekatnya, yakni Oleksandr Shovkovskiy. Ia merupakan mantan kiper timnas Ukraina dan sebagian besar titel yang dimenanginya didapat di kompetisi domestik. Setelahnya ada Andres Iniesta (35 gelar), Ryan Giggs (34 gelar), dan Lionel Messi (34 gelar).

Comments
Loading...