5 Rekor yang Tercipta di Piala Dunia 2018

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Perhelatan Piala Dunia 2018 telah berakhir. Laga final timnas Prancis vs timnas Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018), menjadi tirai penutup gelaran Rusia 2018. Ada banyak kisah tergurat dari fase grup hingga final. Demikian juga sejumlah rekor.

Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 rekor yang tercipta di perhelatan Piala Dunia 2018.


Gol Bunuh Diri Terbanyak

Sejak fase grup hingga final tercipta 12 gol bunuh diri di Rusia 2018. Ini adalah rekor gol terbanyak di satu edisi Piala Dunia. Itu dua kali lipat dari rekor terdahulu. Sebelumnya, jumlah gol bunuh diri terbanyak adalah 6 buah di Piala Dunia 1998.

Dari 12 gol bunuh diri yang tercipta di Rusia 2018, sebanyak 9 buah lahir di fase grup. Sisanya, masing-masing satu gol di babak 16-besar, perempat final, dan final. Menariknya lagi, 8 di antara gol-gol itu merupakan gol pembuka laga.


Gol Penentu di ujung Laga terbanyak

Di gelaran Rusia 2018, tercipta 9 gol penentu di menit ke-90 atau setelahnya di luar perpanjangan waktu. Ini adalah jumlah terbanyak dalam satu edisi. Salah satu yang paling fenomenal tentu saja gol Nacer Chadli saat Belgia membalikkan keadaan dari 0-2 menjadi 3-2 kala menghadapi Jepang di babak 16-besar.

Hal menarik lain, salah satu gol penentu paga injury time justru tercipta lewat gol bunuh diri. Itu terjadi saat Iran menang atas Maroko di fase grup. Satu-satunya gol di laga itu tercipta leat bunuh diri Aziz Bouhaddouz ketika pertandingan memasuki menit ke-5 injury time.


Rasio Gol Set Piece Tertinggi

Salah satu hal menarik di Piala Dunia 2018 adalah begitu banyaknya gol dari bola mati atau set piece. Tercatat 73 dari 169 gol sejak fase grup hingga final yang tercipta lewat skenario ini. Rasio yang mencapai 43 persen itu adalah yang tertinggi sejak Piala Dunia 1966.

Di antara tim-tim yang berlaga di Rusia 2018, timnas Inggris adalah yang memiliki dulangan gol dari set piece terbanyak. Dari 12 gol yang dibuat The Three Lions, 6 di antaranya dihasilkan dari set piece. Ditambah lagi, 3 gol dari penalti yang dijejalkan Harry Kane, sang pencetak gol terbanyak.


Gol Bunuh Diri Pertama di Final

Untuk kali pertama tercipta gol bunuh diri di final Piala Dunia. Itu terjadi saat timnas Prancis menang 4-2 atas timnas Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Sang pembuat sejarah adalah striker Vatreni, Mario Mandzukic.

Maksud hati membantu pertahanan saat lawan mendapat tendangan bebas di luar kotak penalti, andil Mandzukic justru berujung gol di gawang Danijel Subasic. Sepakan Antoine Griezmann yang disundulnya mengelabui sang kiper dan membuat lawan unggul 1-0 pada menit ke-18.


Jumlah Pembuat Gol Terbanyak

Torehan 169 gol dari fase grup hingga final bukanlah yang terbesar. Itu masih terpaut dua gol dari Piala Dunia 1998 dan 2014. Namun, dari segi pencetak gol, Piala Dunia 2018 menorehkan rekor baru. Ada 122 pemain yang merobek jala gawang sepanjang perhelatan Rusia 2018.

Tim dengan jumlah pencetak gol terbanyak adalah timnas Belgia. Tercatat ada 10 pemain yang mencetak gol dari fase grup hingga perebutan tempat ketiga. Itu menyamai timnas Prancis di Piala Dunia 1982 dan timnas Italia di Piala Dunia 2006.

Comments
Loading...