5 Senior Griezmann dari Prancis yang Gagal Bersama Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Barcelona sukses merampungkan kepindahan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Mahar sebesar 120 juta euro membuat Griezmann jadi pemain ke-20 asal Prancis yang bergabung ke Blaugrana.

Ialah Rene-Victor Fenouillere, pemain Prancis pertama yang bermain untuk Barcelona. Pemain yang berposisi sebagai striker ini bermain di Blaugrana pada 1902-1903.

Lima tahun kemudian, Henry Normand jadi pemain kedua Prancis yang bermain untuk klub Catalan tersebut. Meski memiliki orang tua Prancis, Normand diketahui lahir di Valladolid, Spanyol.

Dari 20 pemain Prancis yang bermain untuk Barcelona. Sejumlah nama berhasil mengukir cerita sukses namun tak sedikit juga justru yang gagal bersama Barcelona.

Berikut 5 senior Griezmann dari Prancis yang gagal jadi bintang di Barcelona

Christophe Dugarry

Lahir di Lormont, Prancis 24 Maret 1972, Christophe Dugarry bergabung ke Barcelona pada musim 1997-98. Pilihan untuk main di Barcelona, mau tak mau diambil oleh Dugarry karena bersama AC Milan ia tak berkembang.

Sayangnya keputusan untuk gabung ke Blaugrana malah membuat Dugarry makin terpuruk. Pemain yang mengoleksi 55 caps untuk timnas Prancis tersebut mengaku bahwa selama di Barcelona, ia berasa seperti di neraka.

5 Senior Griezmann dari Prancis yang Gagal Bersama Barcelona
mirror.co.uk

“Itu adalah masa-masa enam bulan yang mengerikan, seperti hidup di neraka. Saya harus berpura-pura menangis agar saya bisa diizinkan buat meninggalkan klub,” kata Dugarry seperti dikutip dari mirror, Minggu (14/7/2019).

“Saya menghabiskan enam bulan seraya bertanya kepada diri saya sendiri tentang yang telah saya lakukan di sana (Barcelona),”

Dugarry akhirnya angkat koper dari Barcelona dan bergabung ke Marseille. Pemain yang mengoleksi 368 caps di level klub itu akhirnya gantung sepatu di klub Qatar SC pada 2005 silam.

Emmanuel Petit

Teman satu angkatan Dugarry di timnas Prancis, Emmanuel Petit juga merasakan keburukan dalam kariernya saat bermain untuk Barcelona. Petit bergabung ke Barcelona pada 2000 setelah alami masa indah bersama Arsenal.

Sayangnya Petit datang ke Blaugrana di saat yang tidak tepat. Barcelona pada musim itu tengah mengalami musim yang sangat buruk.

Petit kemudian mengakui bahwa dirinya sangat menyesal meninggalkan Arsenal demi Barcelona. “Satu hal yang saya sesali dalam karier sepak bola saya adalah meninggalkan Arsenal untuk Barcelona,” tulis Petit dalam otobiografinya, seperti dikutip oleh Marca

5 Senior Griezmann dari Prancis yang Gagal Bersama Barcelona
marca.com

“Keharmonisan di klub dirusak oleh kelompok tertentu, dan pertama kali saya masuk ke ruang ganti, tidak ada yang memperhatikan saya atau bahkan menyapa, tidak ada sambutan.”

Lebih lanjut, Petit mengatakan bahwa ruang ganti Barcelona saat itu terbagi menjadi tiga kubu yakni pemain Catalan, pemain Belanda, dan sisanya.

“Itu menghancurkan peluang untuk bersatu,” tutupnya.

Frederic Dehu

Bernama lengkap Frédéric Fabian William Déhu, pemain dengan koleksi 5 caps bersama timnas Prancis itu bermain untuk Barcelona pada musim 1999-2000. Barcelona melirik bek kelahiran 24 Oktober 1972 berkat penampilan gemilangnya bersama Lens.

Sayangnya semusim di Barcelona, Dehu justru menunjukkan penampilan yang tak signifikan. Penampilannya jauh dari kata layak untuk pemain yang bermain di klub sebesar Barcelona.

5 Senior Griezmann dari Prancis yang Gagal Bersama Barcelona
marca.com

Semusim di Barcelona, Dehu hanya catatkan 11 penampilan. Akhir musim 1999-2000, Dehu memutuskan pulang kampung ke Prancis. Ia bergabung ke Paris Saint Germain (PSG) dan kembali menemukan permainan terbaiknya.

Bersama PSG, Dehu catatkan 118 penampilan dan mencetak 4 gol. Dehu akhirnya gantung sepatu pada 2007 silam bersama klub Spanyol lainnya, Levante.

Philippe Christanval

Selanjutnya ada nama bek timnas Prancis Philippe Christanval. Pemain kelahiran 31 Agustus 1978 ini jadi salah satu pemain Prancis yang gagal bersinar di Barcelona.

Padahal Blaugrana merekrutnya ketika penampilan Christanval bersama AS Monaco sangat bagus. Hampir seperti Petit, Christanval datang ke Nou Camp di saat yang tidak tepat.

5 Senior Griezmann dari Prancis yang Gagal Bersama Barcelona
as.com

Saat itu, Barcelona tengah terbagi menjadi beberapa kubu pemain di ruang ganti. Christanval sendiri bahkan sempat mengatakan ke publik ketika Louis van Gaal dipecat, pelatih asal Belanda itu menangis seperti bayi.

Setelah hanya memainkan 31 penampilan selama 3 musim di Nou Camp, Christanval hijrah pada 2003 dan bermain untuk Marseille. Christanval pensiun jadi pemain bersama klub kecil Inggris, Fulham pada 2008.

Ludovic Sylvestre

Terakhir ada nama pemain kelahiran Le Blanc-Mesnil, Prancis, Ludovic Sylvestre. Pemain berposisi sebagai gelandang bertahan ini bermain di Barcelona dari level tim muda Blaugrana.

Ludovic Sylvestre gabung bersama Barcelona B pada 2005-2006 dan bermain sebanyak 20 kali. Pemain jebolan akademi Strasbourg ini naik kasta ke tim utama Barcelona pada 2006.

5 Senior Griezmann dari Prancis yang Gagal Bersama Barcelona
thesun.co.uk

Sayangnya ia hanya dimainkan sebanyak 2 kali pada tahun itu. Ia pun memutuskan hijrah di akhir 2006 ke klub Republik Ceko, Sparta Praha. Karier Sylvestre selanjutnya hanya bermain di klub-klub kecil seperti Blakcpool dan Mlada Boleslav.

Comments
Loading...