5 Stadion Tua yang Bertahan dari Arus Modern

Football5star.com, Indonesia – Berdirinya Tottenham Hotspur Stadion menandai berakhir masa bakti Stadion White Hart Lane yang berdiri pada 4 September 1899 tersebut. Ditutupnya stadion tua, White Hart Lane sebenarnya sudah dilakukan sejak 14 Mei 2017 lalu.

Perkembangan arus kehidupan modern menjadi salah satu penyebab banyaknya stadion tua yang harus tergantikan dengan stadion baru dengan kapasitas lebih kekinian. Hal ini tentu saja untuk menambah rasa nyaman suporter yang datang ke stadion.

Meski sudah banyak stadion tua yang ditutup dan digantikan perannya, masih ada juga sejumlah stadion tua yang masih kokoh berdiri dan digunakan hingga saat ini. Stadion Old Trafford, Wembley, dan Anfield salah satu stadion tua yang masih tetap eksis hingga saat ini.

Selain Stadion Old Trafford, Wembley, dan Anfield, berikut 5 stadion tua yang bertahan di tengah arus modern untuk pembaca setia football5star.com

Stadion Bramall Lane

Di urutan pertama ada kandang dari klub tua Liga Inggris, Sheffield United F.C, Stadion Bramall Lane. Stadion berkapasitas 32 ribu tempat duduk ini sudah berdiri sejak 30 April 1855 silam.

Meski berdiri sudah ratusan tahun, stadion yang terletak di Sheffield, South Yorkshire, Inggris ini masih bisa digunakan, tak hanya untuk laga Sheffield namun juga laga internasional, serta konser musik.

Pada 2019 lalu, penyanyi legendaris Inggris, Sir Rod Stewart menggelar konser di stadion. Selain itu, stadion juga bisa menggelar laga olahraga kriket dan rugby.

worldstadiums.com

Yang menarik dari stadion ini ialah sejumlah penamaan tribun. Di Bramall Lane Stadium, terdapat tribun yang bernama The Kop Stand dan Kop Corner. Apakah tribun ini dikhususkan untuk pendukung Liverpool? Tentu tidak.

Penamaan Kop dalam istilah suporter sepak bola lebih dikhususkan untuk sektor atau teras tempat penonton berdiri di salah satu tribun di mana bentuknya sangat curam dan sangat mirip dengan bukit tempat pertempuran Spion Kop di Afsel.

Selain The Kop Stand dan Kop Corner, Bramall Lane juga memiliki The Tony Currie Stand. Tribun ini memang jadi penghormatan khusus kepada mantan pemain mereka yang pernah meraih penghargaan goal of the year di Liga Inggris, Tony Currie.

Stadion Stamford Bridge

Kandang The Blues, Chelsea, Stadion Stamford Bridge jadi stadion tua yang masih eksis hingga saat ini. Stadion ini didirikan pada 1876 dan resmi dibuka pada 28 April 1877.

Awalnya stadion ini bukanlah jadi markas untuk Chelsea melainkan klub atletik Inggris bernama, London Athletic Club. Baru pada 1905, Chelsea menempati Stamford Bridge sebagai markas mereka.

Dinamai Stamford Bridge karena memang di lokasi ini terdapat dua jembatan di sekitarnya. Jembatan pertama bernama Stamford Bridge yang terletak di Fuham Road, serta Stanbridge yang terletak di Kings Road.

chelseafc.com

Saat era Perang Dunia II, stadion ini sempat ditutup dikarenakan kota London jadi sasaran bom pasukan Nazi dan sekutunya.

Meski hanya berkapasitas 41 ribu tempat duduk, Stamford Bridge pernah memecahkan rekor penonton pada 12 Oktober 1935 silam, saat menggelar laga Chelsea vs Arsenal.

Laga kedua tim London tersebut dihadiri oleh 82.905 penonton, di era itu Stamford Bridge memang masih berkapasitas 100 ribu tempat duduk.

Stadion Strahov

Stadion Strahov menjadi stadion tua berikutnya yang masih bertahan dan eksis hingga detik ini. Stadion ini dibangun pada 1926 silam.

Berdiri di kota Praha, Republik Ceko, Stadion Strahov merupakan markas untuk tim AC Sparta Praha B atau tim cadangan dari Sparta Praha.

Pada awal berdirinya stadion ini memiliki kapasitas mencapai 250 ribu tempat duduk lalu sempat mengalami pemugaran dan menjadikan stadion ini hanya berkapasitas 56 ribu tempat duduk.

worldstadiums.com

Di era Perang Dunia II, stadion ini menjadi tempat pertandingan persahabatan antara tim tentara Amerika Serikat yang berasal dari Divisi Infanteri 94 melawan tim tentara pasukan Eropa yang berasal dari Korps XIII. Laga itu dimenangkan oleh tim tentara Amerika Serikat dengan skor 6-0.

Stadion yang terletak di kawasan bukit Petrin, Ceko ini pada 2003 silam masuk dalam daftar UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Selain masuk dalam daftar warisan dunia dari UNESCO,stadion ini juga sempat jadi tempat konser musisi papan atas. Band seperti The Rolling Stones, Guns N Roses, Bon Jovi, Aerosmith, hingga U2 sempat manggung di stadion ini.

Stadion An der Alten Foersterei

Stadion tua selanjutnya berada di Jerman tepatnya di distrik Kopenick, Berlin. Stadion ini mulai dibangun pada 1920 silam.

worldstadiums.com

Stadion ini merupakan markas dari tim Bundesliga 2, FC Union Berlin. Tercatat sudah tiga kali stadion ini mengalami renovasi yakni pada 1955, 2000, dan 2009.

Saat renovasi stadion pada 2009, kapasitas tempat duduk ditambahkan menjadi 2,300. Total kapasitas penonton yang bisa ditampung stadion An der Alten Foersterei ialah 22.012 tempat duduk.

Namun kapasitas stadion ini bertambah menjadi 27 ribu orang saat beralih fungsi menjadi tempat konser musik. Band asal California, Amerika Serikat, Linkin Park pada 03 September 2015 sempat menggelar konser di stadion ini.

Kabarnya jumlah penonton di konser Linkin Park mencapai 35 ribu orang. Sementara untuk rekor penonton terbanyak stadion di laga sepak bola terjadi saat Union Berlin bertemu St Pauli pada 17 Oktober 2015 silam.

Stadion Bislett

worldstadiums.com

Terakhir ada stadion yang berlokasi di Oslo, Norwegia, Stadion Bislett. Stadion ini berlokasi di salah satu situs bangunan dari abad ke-19.

Ialah mantan pesenam yang juga pebisnis Norwegia, Martinus Lordahl yang berjasa terbangunnya stadion ini pada 1917. Salah satu tribun di stadion ini dinamakan Martinus Lordahl sebagai bentuk penghormatan terhadap jasanya.

Hampir mirip dengan Stadion Olimpico, Bislett juga memiliki lintasan untuk olahraga atletik. Pada 1952, Bislett jadi tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin.

Pada 1944, stadion ini jadi markas untuk klub Liga Norwegia, Valerenga FC. Klub ini hanya sampai 1999 menjadikan Bislett sebagai markas mereka. Pada 2007 hingga saat ini, Bislett jadi markas untuk klub Skeid Fotball.

Selain jadi markas untuk Skeid, Stadion Bislett juga jadi tempat untuk timnas rugby Norwegia dan selalu jadi tempat laga final Nordic Cup tiap tahunnya.

Comments
Loading...