Lima Momen Menarik Rooney Bersama The Three Lions

Football5star.com, Indonesia – Keputusan Wayne Rooney untuk pensiun dari timnas Inggris menyisakan kenangan tersendiri dalam catatan sejarah sepak bola. Sejak 2003 ia memulai debut membela Negeri Ratu Elizabeth itu, banyak momen yang terjadi. Berikut adalah lima momen menarik Rooney saat berbalut seragam The Three Lions.

Debut Untuk Timnas di Usia Muda

Tiada yang menduga ternyata Rooney sempat ditawari untuk membela Timnas Irlandia, ia punya darah Irlandia dari neneknya. Namun, ia memlih untuk membela Timnas Inggris dan menjalani debut saat berumur 17 tahun 111 hari. Laga pertamanya adalah saat Inggris kalah mengejutkan atas Austria, 3-1 di Stadion Upton Park, London, Inggris, 13 Februari 2003. Ia bermain pada babak kedua dalam laga persahabatan itu menggantikan Michael Owen.

Pencetak Gol TimnasTermuda

Gol Rooney ke gawang Makedonia pada babak kualifikasi piala dunia 2004, menjadikannya pemain termuda dalam sejarah Timnas Inggris. Saat itu, ia masih berumur 17 tahun 317 hari. Penyerang kelahiran Liverpool itu mematahkan rekor milik Michael Owen yang mencetak gol bagi Inggris kala berusia 18 tahun 164 hari.

Kartu Merah Melawan Portugal

Bukan hal yang baik-baik saja yang pernah ia dapatkan di timnas. Saat babak perempat final Piala Dunia 2006 di Jerman, Rooney dihadiahi kartu merah karena menendang pemain Portugal, Ricardo Carvalho. Praktis Inggris bermain dengan 10 pemain dan harus kalah melalui babak adu penalti 3-1. Kekalahan itu membuat inggris gugur dari kompetisi tersebut.

Patahkan Rekor Gol Bobby Charlton 

Sekilas, tidak yang istimewa atas gol Rooney ke gawang Swiss pada babak kualifikasi Piala Eropa. Gol tersebut juga hanya tercipta dari titik putih. Namun, ini adalah gol ke-50 Wazza bagi Inggris dan mematahkan rekor milik Bobby Charlton dengan 49 gol.

Gol Terakhir Bagi Timnas Inggris

Pada Piala Eropa 2016 lalu, Inggris harus tersingikir setelah kalah mengejutkan oleh Islandia 2-1 pada babak 16 besar. Rooney mencetak gol penyeimbang melalui tendangan penalti, meskipun akhirnya mereka kembali tertinggal dan kalah. Gol tersebut merupakan yang terakhir baginya selama membela Inggris.

Piala DuniaPiala EropaThe Three Lionstimnas inggrisWayne Rooney