7 Fakta di Balik Nomor Punggung 7 Milik Eden Hazard

Football5star.com, Indonesia – Rekrutan anyar Real Madrid, Eden Hazard resmi menggunakan nomor punggung 7 di musim ini. Manajamen Real Madrid resmi memberikan nomor itu kepada pemain asal Belgia tersebut, Minggu (10/8/2019).

Eden Hazard seperti dikutip dari data transfermarkt jadi pemain Madrid ke-34 yang menggunakan nomor punggung 7. Musim lalu nomor ini digunakan oleh striker asal Republik Dominika, Mariano Diaz.

Hal ini juga yang sempat mengundang kontroversial. Pasalnya sejumlah pemain Madrid dikabarkan menolak jika Hazard gunakan nomor punggung 7.

Kapten El Real Sergio Ramos bahkan mengharamkan Hazard gunakan nomor punggung 7. Alasannya menurut Ramos, nomor itu sudah jadi miliki Diaz dan jika Eden Hazard menggunakannya maka ia tak menghormati Diaz.

Meski dirumorkan ada penolakan dari pemain Madrid, namun manajemen sudah memutuskan bahwa eks Chelsea itu menggunakan nomor punngung yang dahulu sempat digunakan oleh legenda Real Madrid seperti Raymond Kopa, Emilio Butragueno, ataupun Raul Gonzales.

Sejumlah fakta menarik pun muncul seputar nomor punggung 7 milik Eden Hazard ini. Apa saja? Berikut ulasannya untuk pembaca setia football5star.com

Pemain no 7 pertama di Real Madrid

Ialah striker bernama Sabino Barinaga Alberdi yang jadi pemain pertama Madrid yang menggunakan nomor punggung 7. Sabino menggunakan nomor ini saat membela El Real pada musim 1948-49.

Sebelum bermain di Madrid, Sabino yang asli kelahiran Spanyol memulai karier sepak bolanya di klub Liga Inggris, Southampton. Sayangnya di Soton, ia sama sekali tidak dimainkan.

Pindah ke Madrid pada 1939, pemain yang wafat di Madrid pada 19 Maret 1988 tersebut catatkan 149 pertandingan dan mencetak 70 gol di semua ajang kompetisi.

Bersama Los Blancos, Sabino memberikan tiga gelar yakni dua gelar Copa del Generalisimo (cikal bakal Copa del Rey) dan satu Copa Eva Duarte pada 1947.

Pemain asing pertama

Setelah Sabino menggunakan nomor punggung 7 di El Real, nomor ini selanjutnya digunakan oleh pemain-pemain asal Spanyol seperti Toni, Rafa ataupun Juanco.

Baru pada musim 1950-51, Real Madrid memberikan nomor punggung 7 kepada pemain asal Hungaria, Gyorgy Nemes. Karier Nemes di El Real tidak terlau moncer. Tercatat ia hanya satu kali dimainkan oleh Real Madrid pada musim 1950-51.

gettyimages

Sebelum menembus skuat utama, Nemes bermain untuk tim Real Madrid B di La Liga 2. Pemain yang catatkan 9 gol untuk tim Real Madrid B ini pada musim 1952-53 hengkang ke Hercules CF dan menghabiskan kariernya di klub tersebut.

Bek nomor 7 di Real Madrid

Di Real Madrid, nomor 7 sempat digunakan oleh pemain dengan posisi pemain belakang. Ialah bek asal Spanyol bernama Joaquín Navarro Perona yang pertama kali menggunakan nomor 7 di El Real.

Navarro menggunakan nomor 7 pada dua musim, yakni musim 1949-50 selama setengah musim dan musim 1950-51 juga selama setengah musim. Bek kelahiran Gava, 2 Agustus 1921 ini terakhir membela El Real pada musim 1955-56.

Ia juga menjadi bek pertama asal Spanyol yang namanya masuk dalam tim dunia XI FIFA setelah laga Inggris vs Spanyol pada 21 Oktober 1953 silam. Navarro menghembuskan nafas terakhirnya pada 10 Agustus 1969 silam.

Luis Enrique dan nomor 7

Mantan pemain dan pelatih Barcelona Luis Enrique juga tercatat menjadi salah satu pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 7.

Enrique menggunakan nomor punggung 7 hanya sebentar. Ia menggunakannya pada musim 1994-95 selama setengah musim. Ia lalu memilih menggunakan nomor punggung 3 hingga akhir musim 1994-95.

Sebelum menggunakan nomor 7 di Real Madrid, ia sempat menggunakan nomor 8, 21, 11, dan 14. Nomor 21 kemudian jadi nomor yang identik dengan dirinya, termasuk saat ia pindah ke Barcelona pada musim 1997-98.

Menjadi ikon semenjak 1950

Nomor 7 kemudian menjadi sangat ikonik di mulai saat era 50-an. Ialah winger legendaris Real Madrid Joseito yang pertama kali memulainya. Pemain kelahiran Zamora, Spanyol 23 Desember 1926 ini bersama Real Madrid sumbangkan 4 gelar La Liga dan 2 gelar Liga Champions.

Setelah Joseito, nomor ini diteruskan kepada striker legendaris Raymond Kopa. Pemain asal Prancis ini membuat nomor 7 semakin dicintai oleh publik Bernabeu.

Nomor 7 semakin jadi nomor keramat di era 80-an. Saat itu nomor ini digunakan oleh Emilio Butragueno dan Juanito. Kedua pemain ini masuk dalam jajaran elit para legenda El Real.

Nomor 7 Ronaldo

Sembilan tahun lalu tepatnya pada 3 Agustus 2010, Real Madrid juga resmi memberikan nomor punggung 7 kepada Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu menunggu setidaknya hampir setahun untuk menggunakan nomor yang identik dengan dirinya tersebut.

Ronaldo pindah ke Madrid dari Man United pada 2008. Saat pertama datang, ia tak mungin menggunakan nomor 7 karena nomor tersebut masih digunakan Pangeran Bernabeu Raul Gonzales. Ronaldo pun terpaksa menggunakan nomor punggung 9.

Menggunakan nomor punggung 9, Ronaldo tetap moncer. Pemain yang sekarang membela Juventus tersebut catatkan 33 gol dari 35 pertandingan bersama Madrid di 2008.

Bersama Real Madrid, Ronaldo telah mempersembahkan 15 gelar untuk publik Bernabeu. Termasuk dua gelar La Liga dan 4 gelar Liga Champions.

Nomor Pangeran Bernabeu

Jika bertanya siapa pemilik nomor 7 terbaik di Real Madrid? Mayoritas jawabannya mungkin adalah Raul Gonzales. Ia mendapat nomor keramat tersebut lewat perjuangan panjang.

Raul merupakan produk asli akademi Madrid. Raul menembus semua jenjang umur di akademi El Real dengan mulus. Ia bertalenta, karismatik dan tajam. Fernando Hierro, konon memberinya julukan sebagai El Ferrari

Raul menggunakan nomor punggung 7 di Real Madrid dari musim 1994-95 hingga akhir musim 2009-10 saat ia memutuskan untuk hengkang Schalke 04.

Ada satu cerita menarik dari Raul di Real Madrid. Kabarnya ia dan Iker Casillas sempat diberi keistimewaan yakni ‘kontrak seumur hidup’ yang otomatis akan selalu memperbaharui jangka panjang kontraknya asal kedua pemain terlibat dalam 30 pertandingan semusim.

Comments
Loading...