7 Fakta Menarik Pemain-Pemain Piala Dunia 2018

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Skuat resmi 32 tim peserta Piala Dunia 2018 secara resmi telah dirilis pada Senin (4/6/2018). Ada beberapa fakta menarik dari deretan pemain yang akan berkiprah di Rusia 2018 nanti. Di antaranya menyangkut Essam El-Hadary, kiper timnas Mesir, dan Xherdan Shaqiri, winger timnas Swiss.

Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 7 fakta menarik terkait pemain-pemain yang akan meramaikan gelaran Piala Dunia 2018.


Pemain Tertua: Essam El-Hadary
Essam El-Hadary (timnas Mesir)
factsmaniasolutions.com

Kiper sekaligus kapten timnas Mesir, Essam El-Hadary, adalah pemain tertua yang akan berkiprah di Piala Dunia 2018. Dia saat ini sudah berumur 45 tahun. Kiper Al Taawoun FC ini lebih tua enam tahun dari pemain senior timnas Meksiko, Rafael Marquez.

Dengan umurnya saat ini, El-Hadary akan mematahkan rekor pemain tertua yang bermain di Piala Dunia saat tampil membela Mesir nanti. Saat ini, rekor tersebut masih dipegang kiper Kolombia, Faryd Mondragon, yang tampil di selama lima menit di Piala Dunia 2014 dalam umur 43 tahun.


Pemain Termuda: Daniel Arzani
Daniel Arzani (timnas Australia)
espn.com

Daniel Arzani adalah sosok kejutan yang dibawa pelatih Bert van Marwijk ke skuat timnas Australia untuk Piala Dunia 2018. Baru menjalani debut dengan tampil selama 6 menit saat menghadapi Rep. Cheska pada 1 Juni silam, dia ternyata mampu meyakinkan pelatih asal Belanda tersebut.

Dengan umur 19 tahun 5 bulan, Arzani tercatat sebagai pemain termuda di Piala Dunia 2018. Dia lebih muda 15 hari dari striker timnas Prancis, Kylian Mbappe. Namun, untuk peluang bermain, tentu saja Arzani kalah dari Mbappe yang saat ini sudah jadi pemain inti di Les Bleus.


Pemain Terberat: Roman Torres
Roman Torres (timnas Panama)
soundersatheart.com

Berbobot nyaris 1 kwintal, tepatnya 99 kg, Roman Torres merupakan pemain dengan bobot terberat yang berlaga di Piala Dunia 2018. Dia unggul 1 kg dari Almuaiouf Abdullah (Arab Saudi), Jannick Vestegaard (Denmark), dan Harry Maguire (Inggris).

Torres adalah pemain yang sangat berpengalaman di timnas Panama. Dia menjalani debut bersama La Merea Roja pada 2005. Total, hingga saat ini, bek tengah Seattle Sounders ini telah 106 kali memperkuat timnas Panama dan berhasil membuat 10 gol.


Pemain Teringan: Takashi Inui
Takashi Inui (timnas Jepang)
zimbio.com

Soal bobot tubuh paling ringan, Takashi Inui yang membela timnas Jepang berada di urutan teratas. Bobot tubuhnya tercatat hanya 59 kg. Pemain yang baru pindah dari Eibar ke Real Betis ini lebih ringan 1 kg dari pemain timnas Inggris, Jesse Lingard.

Keberadaan Inui di timnas Jepang kali ini terbilang mengejutkan. Pasalnya, dia hampir absen di semua laga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia yang dilakoni Tim Samurai Biru dari 2015 hingga 2017. Hanya sekali dia turun, yakni saat menang 2-0 atas Australia.


Pemain Tertinggi: Lovre Kalinic
Lovre Kalinic (timnas Kroasia)
goal.com

Di gelaran Piala Dunia 2018, hanya ada dua pemain dengan tinggi 2 meter. Mereka adalah Lovre Kalinic, kiper timnas Kroasia, dan Jannik Vestergaard, bek tengah timnas Denmark. Namun, Kalinic adalah yang tertinggi, yakni 201 cm. Dia unggul 1 cm dari Vestergaard.

Soal peluang bermain di Rusia 2018, Vestergaard bisa dikatakan lebih berpeluang. Sebagai bek, walaupun bukan pilihan utama, dia lebih mungkin turun bermain. Adapun Kalinic punya handicap berupa statusnya yang hanya kiper kedua. Di timnas Kroasia, Danijel Subasic masih jadi andalan utama di bawah mistar gawang.


Pemain Terpendek: Alberto Quintero, Yahya Al-Shehri, Xherdan Shaqiri
Xherdan Shaqiri (timnas Swiss)
telegraph.co.uk

Kecil-kecil cabe rawit. Meski hanya bertinggi 165 cm, Alberto Quintero (Panama), Yahya Al-Shehri (Arab Saudi), dan Xherdan Shaqiri (Swiss) adalah andalan di tim masing-masing. Di Piala Dunia 2018 nanti, ketiganya merupakan pemain terpendek. Mereka 1 cm lebih pendek dari Javier Aquino (Meksiko).

Dari ketiga pemain tersebut, hanya Shaqiri yang sudah berpengalaman tampil di Piala Dunia. Rusia 2018 adalah gelaran ketiga bagi pemain Stoke City ini. Dia tercatat sekali tampil di Afrika Selatan 2010 dan empat kali turun bermain di Brasil 2014.


Klub Penyumbang Pemain Terbanyak: Manchester City
Kuartet pemain timnas Brasil yang membela Manchester City.
manchestercity.com.br

Bukan Real Madrid, Barcelona atau Bayern Munich. Di gelaran Piala Dunia kali ini, klub dengan jumlah pemain terbanyak adalah Manchester City. Juara Premier League tersebut menyumbang 16 pemain, unggul satu pemain dari Madrid. Total 16 pemain dari satu klub dalam satu edisi adalah rekor baru di Piala Dunia.

Dari 16 pemain tersebut tersebar di 8 tim, yakni Argentina (2), Brasil (4), Spanyol (1), Inggris (4), Belgia (2), Portugal (1), Prancis (1), dan Jerman (1). Andai saja Leroy Sane tak dicoret dari skuat timnas Jerman, jumlah pemain The Citizens tentu lebih banyak lagi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More