700 Tahun Menanti, Sevilla Kini Miliki Masjid Berkat Frederic Kanoute

Football5star.com, Indonesia – Mantan striker Sevilla, Frederic Kanoute dikenal sebagai pesepak bola muslim yang memiliki rekam jejak sangat baik di dalam ataupun di luar lapangan.

Terbaru, Kanoute seperti dikutip Football5star.com dari Al Jazeera, Kamis (25/5/2020) mewujudkan keinginan dari warga muslim Sevilla untuk memiliki masjid. Kanoute sampai saat ini sudah mengumpulkan dana mencapai 1 juta dolar untuk membangun masjid di tempat tersebut.

frederic kanoute-sevilla
bbc

Dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membangun bangunan masjid permanen di kota Sevilla. Ini akan jadi masjid pertama yang dibangun di kota itu dalam 700 tahun.

“Saat saya tiba di Sevilla, sangat sulit menemukan masjid. Saya harus bertanya kepada orang-orang,“ kata Kanoute.

Aksi dari Kanoute ini membuat banyak orang bersimpatik dan turun membantu kampanye ini. “Terima kasih dan semoga Allah membalas bagi Anda untuk semua yang berpartisipasi dalam kampanye ini,“ tulisnya di akun Twitter

Proyek masjid Sevillla akan berlokasi di musala yang pernah dibeli Kanoute pada 2007 lalu. Pembangunan masjid dan pusat kebudayaan Islam Sevilla diperkirakan menelan biaya sampai 12 juta dolar.

Sosok Kanoute memang panutan bagi banyak pihak. Aksi sosial selalu ia lakukan untuk orang-orang tak mampu. Selain itu jika bicara soal keteguhannya dengan syariat Islam, ia tak mau kenal kompromi.

Pada 2006 ketika Kanoute memasuki musim kedua bersama Sevilla, ia menolak menggunakan jersey Sevilla yang saat itu disponsori oleh perusahaan judi, 888.com.

“Aku tak pernah menyesal telah menjadi seorang Muslim,” kata Kanoute dalam sebuah feature wawancara berjudul ‘Fredi Kanoute: Muslims should not have to prove they are not terrorists before talking’ di The Guardian.