8 Fakta Menarik Pada Bursa Transfer Januari 2016 di Premier League

Bursa transfer bulan Januari menjadi satu periode yang sangat penting bagi klub-klub di Eropa untuk menambah amunisi. Squawka merangkum fakta-fakta menarik yang diperoleh selama jendela transfer musim dingin Januari berlangsung.

1. Harga Giannelli Imbula lebih mahal dari Britannia Stadium

Pembelian Giannelli Imbula oleh Stoke City sebesar 18,3 juta Pounds jauh mengalahkan anggaran Stoke saat membangun stadion mereka, Britannia Stadium, yang hanya menghabiskan dana sebesar 11,3 juta Pounds.

2. Norwich City menghabiskan uang lebih banyak dari belanja keseluruhan tim Ligue 1 di Januari

Norwich City termasuk tim yang paling sibuk di bursa transfer Januari. Mereka mengontrak tujuh pemain baru, termasuk dua pinjaman. Secara keseluruhan The Canaries menghabiskan dana mencapai angka 32,75 juta Euro. Jumlah ini mengalahkan belanja keseluruhan tim Ligue 1 di waktu yang sama, yang berakumulasi sebesar 31,5 juta Euro.

3. Klub besar Premier League tak melakukan transaksi pemain saat jelang penutupan jendela transfer.

Tercatat 8 klub teratas di Premier League sama sekali tak melakukan aktivitas transfer saat jelang penutupan.

4. Chelsea menjadi tim yang paling sedikit berbelanja

Kubu Guus Hiddink hanya merekrut pemuda dari New York Red Bulls, Matt Miazga, dan meminjam Pato dari Corinthians.

5. Newcastle United menghabiskan uang lebih banyak dari klub mana pun di La Liga

Kubu Steve McLaren menghabiskan total anggaran belanja mencapai angka 28,5 juta Pounds, termasuk pembelian Jonjo Shelvey dan Andros Townsend. Jumlah ini lebih banyak dari total belanja klub La Liga di bulan Januari, yang hanya sebesar 26 juta Pounds.

6. Aktivitas klub promosi mencapai sekitar 39% dari total pembelanjaan di jendela transfer Januari

Klub promosi umumnya memang lebih sibuk dalam berbelanja pemain, demi bisa bertahan di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Inggris. Norwich City, Bournemouth, dan Watford menghabiskan total 75,4 juta Pounds. Jika dihitung secara akumulatif, klub Premier League menghabiskan dana hingga 195,35 juta Pounds, 39% di antaranya disumbangkan oleh trio klub promosi tersebut.

7. Klub Premier League pecahkan rekor 1 milyar Pounds

Premier League memecahkan rekor belanja mereka dalam sejarah, dengan menghabiskan total 1.045 miliar Pounds, yang diakumulasi sejak jendela transfer awal musim 2015-16 hingga jendela transfer musim dingin di Januari 2016.

8. China habiskan 80 juta Euro untuk mendatangkan pemain dari klub Eropa

Aktivitas sejumlah klub China dalam mendatangkan beberapa pesepak bola ternama menjadi kejutan utama di bursa transfer januari 2016 ketika telah menghamburkan total 80 juta Euro. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat jendela transfer di Liga Super China baru ditutup pada 26 Februari mendatang.

Comments
Loading...