5 Gol Terbaik Derby della Madonnina Dua Dekade Terakhir

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan sarat gengsi bertajuk derby della madonnina antara AC Milan vs Inter Milan akan tersaji di Stadion San Siro pada pekan ke-28 Liga Italia. Dalam dua dekade terakhir ada cukup banyak gol-gol fantastis yang mampu diciptakan kedua tim.

Pertandingan AC Milan vs Inter Milan kali ini akan berlangsung, Minggu (17/3/2019). Pada bentrok pertama kedua kesebelasan musim ini di Liga Italia, Inter berhasil menuai kemenangan 1-0 lewat gol tunggal Mauro Icardi.

Apabila melihat rekor pertemuan kedua tim saat Milan tampil sebagai tuan rumah, Inter lebih diuntungkan. Ya, dalam tiga bentrok terakhir dua tim satu kota tersebut selalu berakhir dengan skor imbang 1-1, 2-2, dan 0-0 setiap Milan berlaku sebagai tuan rumah.

Terciptanya gol-gol fantastis tentu memberikan warna tersendiri di laga derby della madonnina. Berikut lima gol terbaik dalam dua dekade terakhir dalam pertandingan sarat rivalitas AC Milan vs Inter Milan:

5. Gol Goran Pandev (2010)

Goran Pandev mencetak gol pemasti kemenangan 2-0 Inter atas Milan pada 25 Januari 2010. Pandev mencetak gol pada menit ke-65 lewat eksekusi tendangan bebas.

Ia melepaskan tembakan kaki kiri, dari luar kotak penalti. Tingginya tingkat akurasi dan idealnya jarak membuat Pandev mampu menceploskan bola ke gawang Nelson Dida.

Skuat yang saat itu masih ditangani Mourinho sanggup menang meski hanya bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-27 dan sembilan pemain karena kartu merah Wesley Sneijder dan Lucio.

4. Gol Wesley Sneijder (2011)

Wesley Sneijder mencetak gol fantastis juga melalui situasi bola mati. Golnya diciptakan dalam partai derbi della madonnina versi Piala Super Italia pada 6 Agustus 2011.

Gol Sneijder tercipta lewat tendangan bebas di sisi kanan luar kotak penalti Milan di babak pertama. Sepakan kaki kanannya membuat bola menukik tajam ke sudut atas tiang dekat.

Bola tembakan Sneijder sebenarnya mampu dijangkau kiper Christian Abbiati. Akan tetapi, kerasnya laju bola membuat tepisannya membuat bola tidak masuk ke gawangnya.

Akan tetapi, gol indah itu menjadi satu-satunya yang sanggup dicetak pemain I Nerazzurri di laga tersebut. Sementara itu, I Rossoneri bisa membuat dua gol balasan di babak kedua melalui torehan Zlatan Ibrahimovic dan Kevin-Prince Boateng.

Milan pun memastikan keluar sebagai juara pada laga yang berlangsung di Stadion National Beijing.

3. Gol Clarence Seedorf (2004)

Clarence Seedorf sanggup membuat gol spektakuler yang membantu I Rossoneri memenangi pertandingan sarat gengsi melawan Inter. Berkat sumbangan golnya, Milan mampu mengalahkan I Nerazzurri dengan skor tipis 3-2 pada pertemuan kedua musim 2003-2004.

Saat itu, Seedorf yang mengontrol bola di luar garis pertahanan terakhir Inter, tiba-tiba melepaskan tembakan jarak jauh. Bola sepakan meluncur dengan keras dan datar.

Kencangnya laju bola membuat kiper Inter, Francesco Toldo, sedikit terlambat melakukan upaya antisipasi. Meski ia sudah melakukan lompatan menyamping untuk menghalau bola tetap tidak berhasil mencegah bola masuk ke dalam gawangnya.

2. Gol Dejan Stankovic (2009)

Inter berhasil mempermalukan Milan yang tampil sebagai tuan rumah di Stadion San Siro pada 30 Agustus 2009. Tidak tanggung-tanggung kala itu skuat besutan Jose Mourinho mendulang kemenangan telak 4-0.

Dejan Stankovic menciptakan gol yang menggenapi kemenangan besar I Nerazzurri di partai derby della madonnina. Tiga gol lain disumbangkan Thiago Motta, Diego Milito, dan Maicon.

Gol Stankovic bukan sekedar melengkapi kemenangan timnya, tetapi juga tercipta dengan cara luar biasa. Berawal dari operan Sulley Muntari, dengan penuh percaya diri Stankovic melepaskan tembakan jarak jauh.

Gawang Milan yang saat itu dijaga Marco Storari kembali bergetar untuk keempat kalinya. Storari memang terlihat melakukan upaya keras guna menepis bola, tetapi kencangnya laju bola ke arah tiang jauh membuatnya tidak bisa menjangkau.

1. Gol Philippe Mexes (2015)

Gol torehan Philippe Mexes merupakan yang terbaik di pertandingan AC Milan vs Inter Milan dalam dua dekade terakhir. Gol itu memang tidak tercipta di laga derby della madonnina level kompetitif, melainkan di ajang pramusim International Champions Cup 2015.

Akan tetapi, bentrok dua tim satu Kota Milan tersebut selalu sarat gengsi, apa pun levelnya. Laga yang berlangsung di Stadion Shenzhen City ini berhasil dimenangi Milan dengan skor tipis 1-0 yang diciptakan Philippe Mexes.

Akan tetapi, spektakulernya gol Mexes begitu menghibur fan I Nerazzurri tim di China. Gol tersebut berawal dari eksekusi sepak pojok yang dilepaskan Giacomo Bonaventura.

Umpan Bonaventura tidak mengarah tetap ke depan gawang Juan Pablo Carrizo, melainkan sedikit keluar kotak penalti Inter. Namun, di situlah Mexes berada dan tanpa pikir panjang langsung melepaskan tembakan voli sambil melompat.

Di luar dugaan gerakan ciamiknya itu malah membuahkan gol. Tendangan kerasnya membuat bola meluncur cepat dan terarah sehingga membuat Carrizo hanya terperangah tak berdaya.

Comments
Loading...