Ada Eks Bayern di Balik Kekalahan Dortmund dari Gladbach

Football5Star.com, Indonesia – Hasil sensasional dan luar biasa diraih Borussia Moenchengladbach saat menjamu Borussia Dortmund, Sabtu (23/1/2021) dini hari WIB. Tim asuhan Marco Rose menang 4-2. Di balik kemenangan itu, ada peran vital eks Bayern Munich, Alexander Zickler.

Dalam pertandingan di Borussia Park yang menyudahi rentetan 12 kekalahan beruntun dari Dortmund itu, tiga dari empat gol Moenchengladbach dihasilkan dari situasi bola mati. Di sinilah ada peran besar Zickler yang berstatus asisten Rose.

eurosport.com

Zickler jadi satu dari empat asisten yang dimiliki Rose di Moenchengladbach. Tiga lainnya adalah Frank Geideck, Rene Maric, dan Oliver Neuville. Sebagai mantan striker yang juga dua kali jadi top skorer Liga Austria, tugas utamanya tentu saja menangani para pemain depan.

“Wilayah saya tentu saja di sektor penyerangan. Agak berbeda dengan di (RB) Salzburg yang dihuni tim muda, saya di Gladbach harus berhadapan dengan para striker yang sudah kenyang pengalaman dan mencapai hal-hal besar dalam karier mereka. Namun, saya masih dapat membantu,” kata Alexander Zickler pada 2019 seperti dikutip Football5Star.com dari Muenchner Merkur.

Zickler Analisis Situasi Bola Mati

fussball.news

Pada perkembangannya, Zickler juga ternyata punya satu tugas khusus. Itu adalah mengasah kemampuan para pemain Moenchengladbach memanfaatkan situasi bola mati. Analisis situasi bola-bola mati pada laga-laga Die Fohler jadi tugas khususnya.

“Sebagai tim, kami menganalisis lawan sebelum pertandingan dan permainan kami sendiri setelah laga. Fokus saya adalah pada bola mati, baik dalam menyerang, bertahan, sepak pojok, maupun tendangan bebas,” ujar pria yang sempat membela Bayern dari 1993 hingga 2005 itu kepada TZ Muenchen.

Hasil analisis Zickler terlihat nyata pada musim ini. Bukan apa-apa, Moenchengladbach sudah membuat 16 gol dari situasi bola mati. Itu 45,71 persen dari total gol yang telah dibuat Die Fohlen di Liga Jerman musim ini. Di antara klub-klub peserta Bundesliga, merekalah yang terbaik.

Selepas laga Borussia Moenchengladbach vs Borussia Dortmund, Marco Rose coba menyembunyikan rahasia kehebatan timnya dalam bola mati. Dia menyebut tak ada latihan khusus. Namun, satatistik yang terlalu mencolok tak dapat menutupi hasil kerja apik Alexander Zickler dalam hal itu.

Alexander ZicklerBorussia DortmundBorussia MoenchengladbachLiga JermanMarco Rose