Ada Hegerberg Ungkap Alasan Absen di Piala Dunia Wanita 2019

Football5star.com, Indonesia – Pesepak bola wanita terbaik saat ini, Ada Hegerberg mengungkap alasan pensiun dini dari timnas Norwegia jelang Piala Dunia Wanita 2019.

Pemain yang dianggap sebagai ‘Ronaldo’nya pesepak bola wanita tersebut punya alasan kuat untuk tak tampil membela negaranya. Salah satu alasan yang utama, memberi kesempatan untuk wanita muda lain untuk bisa tampil bersama timnas Norwegia.

“Saya pikir ini adalah cara terbaik untuk semuanya. Jujur saat ini saya fokus pada karier di klub,” kata Hegerberg seperti dikutip football5star.com dari cnn, Minggu (19/5/2019).

Meksi alasan utamanya ialah memberi kesempatan lebih besar kepada pemain muda bermain untuk timnas, banyak pihak menyebut ada alasan lain di balik keputusan Hegerberg.

metro.co.uk

Banyak pihak menyebut bahwa keputusan pensiun dini, merupakan bentuk protes Hegerberg terhadap kesenjangan antara pesepak bola laki-laki dan wanita. Selama ini peraih gelar Ballon d’Or Feminin 2018 ini, memang acapkali memperjuangkan kesamaan hak antara pemain laki-laki dan perempuan.

“Saya selalu menghormati pesepak bola laki-laki atas apa yang mereka peroleh. Namun kesenjangan antara kami sangat besar,” ucap Hegerberg.

“Sampai pada saatnya, Anda harus memberi wanita muda untuk memberi peluang seperti laki-laki muda bermain di lapangan hijau,” tambah pemain berusia 23 tahun ini.

Pemain yang pada musim ini mencetak 20 gol untuk tim wanita Lyon di Division 1 Féminine, juga mengkritik peran dari federasi. Menurutnya federasi sepak bola belum maksimal untuk memutus kesenjangan antara pemain laki-laki dan wanita.

“Ada federasi, ada klub, ada laki-laki, dan harusnya ada wanita juga yang berada di posisi tepat. sayangnya jalan itu masih terlalu panjang.” tutup Hederberg.

Ada HegerbergSepak Bola Wanita