Ada Potensi Grup Maut di Euro 2016?

Ke-24 negara peserta Piala Eropa 2016 sudah ditentukan. Swedia dan Ukraina menjadi dua tim terakhir yang memastikan jatah tampil di Prancis 2016. Keduanya mengandaskan Denmark dan Slovenia pada play-off, Rabu (18/11) dinihari WIB.

Nantinya, ke-24 negara peserta akan diundi ke dalam enam grup. Tiap grup diisi oleh empat negara. Pengundian bakal berlangsung di Paris pada 12 Desember mendatang. Dalam proses pengundian, UEFA telah membagi 24 negara peserta ke dalam empat pot unggulan.

Pot 1 diisi oleh Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, dan Belgia. Prancis sudah ditentukan bakal menempati Grup A, jadi hanya lima negara lain yang bakal diundi. Pot 2 berisi Italia, Rusia, Swiss, Austria, Kroasia, dan Ukraina. Pot 3 ada Republik Ceska, Swedia, Polandia, Romania, Slovakia, dan Hongaria. Pot 4 diisi Turki, Republik Irlandia, Islandia, Wales, Albania, dan Irlandia Utara.

Seperti biasa, penentuan pot dilakukan atas dasar peringkat FIFA dan performa tiap negara dalam kurun waktu tertentu. Khusus Spanyol, mereka menempati pot 1 karena berstatus sebagai juara bertahan Piala Eropa.

Melihat pembagian pot undian, akankah ada grup maut di Prancis 2016? Adanya Italia di pot 2 memungkinkan hal tersebut. Bisa saja ada grup yang berisi Spanyol, Italia, Swedia, dan Turki. Atau mungkin grup berisi Jerman, Italia, Swedia, dan Wales. Besar kemungkinan, grup yang dihuni Italia menghadirkan pertandingan seru di babak penyisihan.

Nantinya dua tim teratas dari masing-masing grup, ditambah empat peringkat ketiga terbaik, akan melaju ke babak 16 besar.

Comments
Loading...