Adu Cemerlang Luis Milla vs Shin Tae-yong, Siapa Lebih Hebat?

Football5Star.com – PSSI sudah mengerucutkan dua pilihan terkait pelatih baru Timnas Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy, yakni Shin Tae-yong dan Luis Milla. Bagaimana perbandingan dua pelatih tersebut soal prestasi?

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dipastikan bakal memiliki pelatih baru usai melawan Malaysia. PSSI memutuskan tak akan menggunakan jasa Simon McMenemy menyusul serangkaian hasil minor yang terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebelumnya.

Ketum baru PSSI, Mochamad Iriawan, sudah menyebut kalau kandidatnya ada pada Luis Milla dan Shin Tae-yong. Kedua pelatih itu terbilang memiliki prestasi mengesankan dalam karier manajerialnya.

Lantas bagaimana perbandingan prestasi keduanya?

Luis Milla

Milla terbilang pelatih yang sudah mengenal betul karakteristik pemain Indonesia. Hal itu setelah dia menangani SKuat Garuda dalam dua ajang, yakni Asian Games 2018 dan SEA Games 2017 lalu.

Luis Milla Ikrarkan Diri Jadi Pendukung Setia Timnas Indonesia

Betul, dia gagal mempersembahkan gelar buat Indonesia. Tapi, Milla mengubah gaya bermain timnas dari kaki ke kaki. Meski gagal di Asian Games lalu, permainan Timnas Indonesia bahkan dipuji oleh suporter.

Saat itu, Stefano Lilipaly cs kalah dari Uni Emirates Arab di babak 16-besar. Tapi, kekalahan itu salah satunya disebabkan kepemimpinan wasit Shaun Evans. UEA sendiri bahkan tak mampu mencetak gol melalui open play, setelah mendapat dua penalti di waktu normal dan akhirnya lolos via adu penalti.

Prestasi Luis Milla:

Juara Piala Eropa bersama Spanyol U-21 2011
16-besar Asian Games bersama Indonesia
Peringkat ketiga SEA Games 2017 bersama Indonesia

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memiliki sejumlah prestasi mengesankan saat melatih Korea Selatan. Prestasinya terbilang istimewa salah satunya, kala membawa Korsel ke Piala Dunia 2018 lalu.

Bahkan, pada Piala Dunia 2018 Shin Tae-yong sukses membawa Korsel bikin Jerman gigit jari. Mereka berhasil menang 2-0 atas Jerman lewat gol Kim Young-gwon, dan Son Heung-min.

Pada grup itu, Korsel hanya finis di urutan ketiga klasemen dengan tiga poin dari tiga laga. Mereka kalah 0-1 dari Swedia dan 1-2 dari Meksiko.

Semasa karier kepelatihannya, Shin Tae-yong sendiri belum pernah menangani tim-tim di luar KOrsel. Sejak 2009, dia hanya berkutat di negaranya. Bahkan, Shin Tae-yong hanya menangani satu klub saja, yakni Seongnam Ilhwa Chunma.

Prestasi Shin Tae-yong

Seongnam Ilhwa Chunma
AFC Liga Champions 2010
Piala FA Korea 2011

Korsel:
Juara EAFF Asia Timur Cup 2017
Babak Grup Piala Dunia 2018

Comments
Loading...