Adu Ketajaman, Atalanta Lebih Superior dari Real Madrid

Football5star.com Indonesia – Ketidakhadiran Sergio Ramos di lini belakang Real Madrid berisiko menghadirkan petaka. Pasalnya, lawan yang akan dihadapi pada babak 16 besar Liga Champions, Atalanta, justru memiliki daya gedor yang dahsyat.

Di Bergamo, Italia, pada Kamis (25/2) dini hari WIB, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, harus memutar otak lebih keras. Bagaimana tidak, Atalanta memiliki produktivitas yang luar biasa, kedua tertinggi di Liga Italia.

Atalanta ternyata masih menyimpan kekecewaan atas kekalahan pada final Coppa Italia 2018-19.
Netnews.com.mt

Sejauh ini, Atalanta sudah mengoleksi 53 gol di pentas Liga Italia, hanya kalah dari pemuncak klasemen, Inter Milan, dengan 57 gol. Gelontoran gol Atalanta saat melakoni laga kandang pun mencapai 30 gol.

Umumnya, pencapaian Atalanta tersebut bukan hal yang mengkhawatirkan bagi tim sekelas Real Madrid. Selain absennya Sergio Ramos, Dani Carvajal, dan Marcelo di lini belakang, catatan kebobolan El Real di laga tandang pun tak cukup baik.

Zinedine Zidane - Real MAdrid - Sergio Ramos - Le10Sport
Le10Sport

Di Liga Spanyol pada musim ini, Real Madrid memang baru kebobolan 19 kali dari 24 pertandingan. Jumlah kebobolan itu cuma kalah dari Atletico Madrid dan Sevilla.

Akan tetapi, angka kebobolan El Real pada laga tandang yang perlu menjadi perhatian. Thibaut Courtois dan kawan-kawan sudah kebobolan 12 gol pada laga tandang di Liga Champions. Artinya, lebih dari 50 persen kebobolan terjadi pada laga tandang.

Dalam kondisi itu, ancaman daya gedor Atalanta menjadi semakin nyata. Ditambah lagi, tim tuan rumah memiliki dua penyerang yang tengah on-fire, Duvan Zapata dan Luis Muriel, yang total sudah mencetak 30 gol (Zapata 17 gol, Muriel 13 gol).

Real Madrid Cuma Andalkan Skuat Seadanya

Memang, secara produktivitas gol tandang, Real Madrid cukup baik dengan torehan 22 gol. Akan tetapi, ketiadaan Karim Benzema yang mengalami cedera menjadi pekerjaan rumah berat bagi Zinedine Zidane.

Pada musim ini, Karim Benzema sudah mencetak 17 gol. Masing-masing 12 di Liga Spanyol, 4 di Liga Champions, dan 1 di Piala Super Spanyol.

Karim Benzema dipastikan absen saat Real Madrid melawat ke markas Atalanta pada leg I babak 16 besar Liga Champions.
Managingmadrid.com

Jika melihat statistik, Real Madrid memang tak perlu terlalu cemas ketika Karim Benzema absen. Sejak bergabung dengan Madrid, Benzema telah 23 kali absen dari total 129 pertandingan Liga Champions. Hasilnya, hanya 3 kali Los Blancos kalah. Sisanya, 16 kali menang dan 4 kali imbang. Persentase kekalahan tanpa Benzema hanya 13,04%.

Akan tetapi, dengan skuat yang dibawa ke Bergamo, total produktivitas Real Madrid cuma 23 gol. Kebetulan, El Real memang cuma membawa 11 pemain senior ke markas Atalanta.

Di antara skuat yang dibawa, pencetak gol terbanyak justru bukan pemain depan. Gelandang asal Brasil, Casemiro, menjadi pemain tertajam Real Madrid yang akan berlaga di Bergamo dengan total 6 gol pada musim ini.

Casemiro - Real Madrid - Liga Champions - Diario AS
As.com

Di bawah Casemiro, ada Luka Modric dengan 4 gol, Vinicius Junior dengan 3 gol, lalu Toni Kroos, Marco Asensio, Raphael Varane, dan Lucas Vazquez yang masing-masing mengoleksi 2 gol. Mariano Diaz, sebagai satu-satunya striker murni pelapis Karim Benzema, bahkan baru membukukan sebiji gol.

Fakta-fakta tersebut patut mendapat perhatian lebih dari seorang Zinedine Zidane. Di atas kertas, Los Blancos memang lebih diunggulkan. Namun, penampilan agresif Atalanta bukan mustahil membuat Madrid harus pulang dengan tangan kosong.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More