AFC Sejajarkan Bambang Pamungkas dengan Legenda di Asia

Football5Star.com – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyejajarkan Bambang Pamungkas dengan legenda-legenda yang ada di Asia. Bepe, sapaan akrabnya, masuk ke dalam legenda Asia Tenggara.

Semasa kariernya sebagai pemain, Bambang Pamungkas memang memiliki sejumlah prestasi. Pada level timnas, dia membawa Indonesia tiga kali meraih runner-up PIala AFF, yakni 2000, 2002 dan 2010.

Bepe jua menjadi top skorer pada Piala AFF 2002 silam. Sedangkan, dalam masa baktinya dengan klub dia menjadi satu-satunya pemain yang membawa Persija raih dua kali juara liga, pada 2001 dan 2018.

Persija Resmi Pensiunkan Nomor Punggung Bambang Pamungkas

Dalam perjalanan 20 tahun kariernya, beragam rekor sukses dipecahkan suami dari Tribuana Tungga Dewi itu. Dia jadi satu-satunya pemain Indonesia yang mampu meraih gelar top skorer, pemain terbaik, dan juara liga di dua negara berbeda. Hal itu dia torehkan saat membela Persija dan Selangor FA.

Tak cuma itu, Bambang Pamungkas juga jadi top skorer sepanjang masa Timnas Indonesia. Dalam catatan FIFA, Bepe sudah mengoleksi 37 gol sejak mencatatkan namanya di papan skor untuk saat Indonesia main imbang 2-2 melawan Lithuania, 1999 lalu.

AFC baru-baru ini memasukkannya sebagai legenda ASEAN. Selain Bepe, ada Neil Ethridge (Filipina), Soh Chin AUn (Malaysia), Kiatisuk Senamuang (Thailand), dan Le Chong Vinh (Vietnam). Dalam kesempatan yang sama, AFC jua merlis sejumlah legenda di Asia.

Contoh saja Keisuke Honda yang dianggap pahlawan Jepang di Piala Asia, lalu Ali Karimi yang pernah raih penghargaan pemain terbaik Asia, hingga Son Heung-Min yang disebut sebagai Premier League Lions oleh AFC.