Agar Sesuai Jadwal, Ada Kans Piala Eropa Digelar Tanpa Penonton

Masalah keamanan menjadi perhatian utama di gelaran Piala Eropa kali ini. Karena hal itu, ada kemungkinan bahwa pertandigan Piala Eropa digelar tanpa penonton.

Sebuah kejadian ledakkan terjadi di bandara internasional Brussel, Belgia, Selasa (22/3). Sedikitnya ada 13 orang yang tewas akibat kejadian itu.

Akibat alasan keamanan, tim nasional Belgia pun membatalkan sesi latihan untuk menjelang pertandingan melawan Portugal. Laga ujicoba itu akan berlangsung pada 30 Maret mendatang.

Sebelum teror di Brussels, Paris, Prancis, sudah menjadi sasaran aksi kelompok teroris beberapa waktu lalu. Bahkan laga antara tim nasional Prancis melawan Jerman pada 13 November lalu. Pelaku teror sampai mencoba masuk ke Stade de France untuk melakukan bom bunuh diri.

Dengan rangkaian serangan itu, UEFA mulai mempertimbangkan akan menggelar laga tanpa penonton. Hal itu seperti diungkapkan oleh Wakil komite eksekutif UEFA, Giancarlo Abete.

Piala Eropa akan digelar di Prancis mulai 10 Juni mendatang. Ajang itu akan selesai pada 10 Juli atau berlangsung selama satu bulan.

“Piala Eropa merupakan jenis perhelatan yang tak bisa kita tunda atau jadwalkan ulang,” tegas Abete di Soccerway.

“Kita tak bisa menutup peluang bermain di antara pintu yang tertutup karena kita tak bisa mengesampingkan terorisme. Jika kita berbicara mengenai potensi pembatakan pertandingan seperti laga persahabatan atau laga kompetitif yang bisa dipndah ke tanggal yang lain, jelas itu tak akan terjadi,” imbuhnya.