Agen Sepak Bola yang Jadi “Musuh” Klub Sepak Bola Eropa

Football5star.com, Indonesia – Geliat bursa transfer sepak bola Eropa tengah menghangat. Sejumlah pemain dan klub sudah bersepakat dalam hal proses kepindahan. Ada yang berjalan mulus, namun ada juga yang diwarnai intrik.

Salah satu intrik yang tercipta tentu saja disebabkan oleh peran dari agen si pemain. Demi mendapatkan uang besar dari proses kepindahan satu pemain ke klub lain, tak jarang banyak agen pemain yang melakukan banyak cara.

Dari sejumlah rumor dan kepindahan resmi bursa transfer saat ini, berikut sejumlah agen yang tengah jadi musuh bersama dari sejumlah klub top Eropa, berikut ulasannya:

Mino Raiola

Agen kelahiran kota Salerno, Italia tersebut saat ini tengah jadi sorotan suporter Manchester terkait masa depan Paul Pogba. Sebelumnya, ia juga sempat jadi ‘musuh’ bagi AC Milan. Bagaimana tidak perannya agar kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma menolak perpanjangan kontrak beberapa musim lalu sangat besar

“Ia (Mino Raiola) memberitahukan kepada saya bahwa keputusan Donnarumma tersebut ialah keputusan terakhirnya. Keputusan ini yang ambil pemain dan agennya. Kami sangat kecewa,” kata CEO AC Milan, Marco Fassone seperti dikutip dari La Gazzetta dello Sport, Rabu (22/1/2020).

Daily Mail

Fassone menambahkan selain soal urusan nilai ekonomi, penolakan Donnarumma untuk kontrak baru tersebut juga karena faktor teknis. Bukan kali ini saja Raiola membuat kesel petinggi klub di Eropa, saat Pogba masih di Juventus pun ia juga berulah saat rumor kepindahan pemain Prancis itu ke Old Trafford.

Raiola bukan agen sembarangan, bersama Jorge Mendes (agen dari Cristiano Ronaldo), ia adalah deretan agen sepak bola tersukses saat ini. Selain menjadi agen untuk Donnarumma, Raiola juga seperti data dari transfermarket juga menjadi agen untuk Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani, Romelu Lukaku, Henrikh Mkhitaryan, Mario Balotelli, dan masih banyak pemain top lainnya.

Juanma Lopez

Sebelumnya nama Juanma Lopez mungkin terdengar asing bagi pencinta sepakbola dunia. Sebagai seorang agen, ia memang kalah tenar jika dibanding dengan Mino Raiola ataupun Jorge Mendes.

Pada beberapa musim terakhir, nama Lopez tengah jadi sorotan utamanya dari kubu Real Madrid, pasalnya Lopez dianggap biang keladi soal rumor hengkangnya Alvaro Morata ke Man United.

Dilansir oleh AS, Juanma Lopez selaku agen Morata telah bertemu dengan wakil Real Madrid di Santiago Bernabeu perihal kemungkinan hengkangnya sang pemain pada bursa transfer musim panas Juli 2017. Padahal kubu El Real sendiri sudah mengajukan tawaran kontrak baru untuk Morata.

marca

Lagi-lagi soal uang tentu jadi alasan utama bagi Lopez untuk menjadi ‘kompor’ bagi kepindahan Morata ke Man United. Manchester United? Mereka klub glamour, opsi yang sangat menarik,” kata Lopez kepada CalcioMercato.com

Lopez sendiri diketahui sebelum jadi seorang agen ialah mantan bek untuk Atletico Madrid. Tidak seperti para mantan pemain yan alih profesi sebagai pemain, pria yang turut mengantarkan Timnas Spanyol meraih medali emas di Olimpiade 1992 ini lebih memilih bekerja sebagai agen pemain.

Selain menjadi agen Morata, Lopez juga menjadi agen untuk Diego Llorente, Alvaro Negredo, Nacho Fernandez, dan sejumlah pemain muda Spanyol lainnya.

Pascal Boisseau

Pria Prancis ini mungkin sedang sibuk-sibuknya pekan ini, bagaimana tidak pemain muda yang ia ageni, Kylian Mbappe tengah diburuh oleh sejumlah klub top Eropa.

Pada 2017 lalu, ia sempat berbicara soal masa depan Mbappe yang kala itu masih memperkuat AS Monaco. “Hanya ada empat tim di dunia sepak bola yang bisa membelinya saat ini. Barcelona, Real Madrid, Manchester City, dan Manchester United,” kata Pascal.

Bleacher Report

Padahal sudah jauh-jauh hari pihak AS Monaco agar Mbappe tidak segera hengkang dari Stadion Louis II. Namun pada akhirnya Mbappe hijrah ke klub kaya Prancis, Paris Saint Germain (PSG).

Tapi dengan sedikit nada bijak dan berbau ‘ancaman’, Pascal sudah memberitahukan ke manajemen Monaco jika Mbappe bisa mendapat tawaran kontrak hampir 100 juta Euro dan dengan nilai gaji yang lebih besar.

Selain menjadi agen untuk Mbappe, Pascal seperti dikutip dari elitefootball.com juga menjadi agen untuk Morgan Schneiderlin, Gervinho, dan sejumlah pemain muda Prancis.

internasionalJuanma LopezKylian Mbappe LottinMino RaiolaPascal BoisseauPaul Pogba