AGF Aarhus Tetap Libatkan Fan pada Laga Tanpa Penonton dengan Zoom

Football5Star.com, Indonesia – Laga tanpa penonton adalah pilihan yang diambil ketika kompetisi-kompetisi sepak bola kembali bergulir setelah vakum akibat pandemi Virus Corona. Hal itu juga yang akan diterapkan di Liga Denmark pada pengujung Mei nanti. Namun, AGF Aarhus sudah menyiapkan sebuah rencana khusus.

AGF Aarhus tak ingin mengecewakan para pendukung fanatiknya. Menurut rencana, klub itu akan tetap melibatkan para fan saat menghadapi Randers FC pada 29 Mei mendatang. Tentu saja bukan dengan cara konvensional. Para fan tak akan berkumpul di stadion, tapi tampil secara virtual lewat aplikasi Zoom yang saat ini jadi primadona.

Inovasi Aarhus pada dasarnya adalah menghadirkan stadion virtual bagi para fan. Rencananya, akan dibuat 22 “tribune” berbeda sehingga para pendukung tuan rumah, tim tandang, dan penonton netral akan tetap terakomodasi. Para penonton nantinya tinggal memilih tribune yang akan ditempati.

AGF Aarhus akan tetap melibatkan para fan pada pertandingan tanpa penonton dengan mengunakan aplikasi Zoom.
agf.dk

Ketika pertandingan berlangsung, para fan itu akan terpampang di layar-layor monitor besar yang akan terpasang di Stadion Ceres Park sesuai tribune yang dipilih. Dengan demikian, meskipun berada di ruang tamu, para fan dapat tetap merasakan atmosfer stadion melalui aplikasi Zoom.

“Ini akan jadi laga pertama setelah sekian lama. kami merayakannya dengan langkah digital bersejarah. Kami bangga jadi klub pertama di dunia yang menggunakannya,” kata Jacob Nielsen, CEO AGF Aarhus, seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi klub itu.

Nielsen menambahkan, “Sekarang, untuk sementara waktu, kita harus bertanding tanpa penonton. Kami berharap dapat menginspirasi klub-klub lain untuk mengambil inisiatif serupa.”

AGF Aarhus saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Superliga Denmark dengan mengoleksi 40 poin dari 23 pertandingan. Mereka terpaut 22 poin dari FC Midtjylland yang telah melakoni 24 pertandingan.