Sukses di Liga Champions, Ajax Paksa KNVB Ubah Jadwal Eredivisie

Football5Star.com, Indonesia – Kejutan yang dibuat Ajax pada gelaran Liga Champions musim ini membuat KNVB, Asosiasi Sepak Bola Belanda, sibuk. Pasalnya, jadwal semifinal Liga Champions berdempetan dengan jadwal Eredivisie yang telah disusun sebelumnya.

Menurut jadwal lama, Ajax harus menjalani laga pekan ke-33 Eredivisie pada Minggu (28/4/2019). Dua hari kemudian, tim asuhan Erik ten Hag melakoni pertandingan leg I babak semifinal Liga Champions di kandang Tottenham Hotspur. Itu berarti Ajax tak memiliki waktu istirahat minimum sesuai ketentuan, yakni 2×24 jam.

Atas dasar itu, setelah berkomunikasi dengan semua klub anggota Eredivisie, KNVB akhirnya menggeser pertandingan pekan itu ke 15 Mei 2019 atau jadi laga penutup. Bukan hanya laga Matthijs de Ligt dkk. yang digeser, melainkan semua laga pada pekan tersebut.

KNVB memutuskan menggeser laga Ajax melawan De Graafschap di Eredivisie yang berdekatan dengan laga lawan Tottenham Hotspur di semifinal Liga Champions.
tellerreport.com

Direktur Sepak Bola Profesional KNVB Eric Gudde membantah tudingan pihaknya sengaja memberikan waktu istirahat panjang agar wakilnya itu lebih segar saat menghadapi Tottenham Hotspur. Dia menegaskan, itu bukan pertimbangan utama.

“Hal ini dilakukan untuk memenuhi syarat setidaknya dua hari penuh masa istirahat di antara dua pertandingan. Itu adalah landasan utama dalam perencanaan kompetisi dan berlaku bagi klub mana pun,” ujar Eric Gudde seperti dikutip Footbal5Star.com dari situs resmi KNVB.

Sementara itu, soal perubahan jadwal yang melibatkan semua pertandingan pada pekan tersebut, Eric Gudde punya alasan tersendiri. Dia menegaskan, itu didasarkan pada pertimbangan keadilan. Pasalnya, pada saat ini, Ajax dan PSV Eindhoven tengah bersaing ketat dalam perebutan gelar juara Eredivisie.

Penggeseran jadwal laga di Eredivisie kini membuat Ajax punya waktu satu pekan penuh sebelum melawat ke kandang Tottenham Hotspur. Sementara itu, sang lawan hanya memiliki waktu istirahat selama tiga hari karena harus menjalani laga Premier League melawan West Ham United pada Sabtu (27/4/2019).

Comments
Loading...