Ajax vs Real Madrid, Korban Pertama VAR di Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – VAR atau video assistant referee, akhirnya digunakan di Liga Champions dalam laga Ajax vs Real Madrid, Kamis (14/2) dini hari WIB. Ajax menjadi korban pertama VAR karena golnya harus dianulir wasit Damir Skomina.

Pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruijff Arena itu, Ajax sejatinya mendominasi permainan. Tak cuma penguasaan bola yang mencapai 52 persen, anak asuh Erik Ten Hag juga mampu melepas 10 tembakan berbanding 4 milik Real Madrid.

Pada menit ke-37, Ajax bahkan mampu membobol gawang Real Madrid kawalan Thibaut Courtois. Proses gol bermula dari umpan sepak pojok
Lasse Schoene yang disambar Matthijs de Ligt dengan sundulan. Bola diblok Courtois dengan kuran gsempurna dan kembali melambung bebas di area kotak penalti.

Nicolas Tagliafico yang berdiri bebas langsung menyundul bola ke arah gawang. Para pemain Ajax sontak larut dalam euforia gol. Namun, wasit tiba-tiba berkonsultasi dengan offisial pertandingan selaku operator VAR untuk memastikan apakah gol itu sah atau tidak.

Ajax vs Real Madrid, Korban Pertama VAR di Liga Champions

Setelah kurang lebih semenit berkonsultasi, wasit langsung menuju layar di pinggir lapangan untuk memastikan sendiri keabsahan gol. Melalui tayangan yang dilihatnya, wasit Damir Skomina akhirnya memutuskan gol harus dianulir.

Dalam tayangan VAR, tampak Dusan Tadic berdiri dalam posisi offside saat Tagliafico menyundul bola. Memang, Tadic tak mengganggu gerak bola yang mengarah ke gawang. Namun, wasit menganggap mantan pemain Southampton itu mengganggu gerak Courtois saat coba menyambar bola. Gol terpaksa dianulir.

Alhasil, Ajax harus menelan kekecewaan karena skor bertahan 0-0 sampai jeda. Keputusan wasit Damir Skomina sekaligus menjadi debut VAR di pentas Liga Champions. Digunakannya VAR pada babak 16 besar Liga Champions kali ini sesuai dengan keputusan UEFA Desember lalu.

Comments
Loading...