Aji Santoso: Sepak Bola adalah Sumber Kehidupan Saya

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengaku sangat mencintai sepak bola semenjak jadi pemain. Bahkan, dia sudah memiliki rencana menjadi pelatih saat masih bermain di lapangan hijau.

Aji merupakan salah satu pelatih yang sukses di Indonesia. Dalam karier kepelatihannya, dia pernah membawa Arema FC juarai Piala Presiden 2017, dan mengantarkan Persebaya Surabaya meraih posisi runner-up dalam Liga 1 2019.

Memang, semenjak jadi pemain Aji Santoso sudah mencoba belajar ilmu kepelatihan. Itu semua akhirnya terpakai saat kini dia menjadi nahkoda Persebaya.

Aji Santoso senang melihat Makan Konate bangkit pada laga Persebaya Surabaya vs Madura United.

“Memang ketika jd pemai nsaya sangat cinta dengan profesi saya, sepak bola sumber kehidupan saya. Ketika saya masih bermain, saya memang memiiki rencana apa yang harus saya lakukan setelah pensiun,” ungkap Aji Santoso dalam YouTube resmi Persebaya.

“Saya sudah putuskan saya harus jadi pelatih. Untuk itu saya mempersiapkan jadi pelatih ketika jadi pemain, sudah saya siapkan, contohnya saya harus belajar kounikasi, ketika ada pertemuan saya beranikan untuk tampil,” sambung dia.

Tujuannya saat itu memang untuk belajar komunikasi. Karena menurutnya menjadi pelatih yang baik ialah yang bisa merangkul dan mengerti semua pemain tanpa terkecuali.

“Karena pelatih itu kuncinya komunkasi, agar bisa memahami pemai, saya baca-baca tentang kepelatihan dan sebagainya.. Setelah selesai saya rntis dari lisensi B, sampai A pro License,” tutup Aji Santoso.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More