Akhir Pekan ini, Ligue 1 Akan Diwarnai Kiprah Perempuan Wasit

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah momen bersejarah akan tersaji pada kancah Ligue 1, akhir pekan nanti. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, sebuah laga di pentas tertinggi sepak bola Prancis akan diwasiti seorang perempuan. Sosok penoreh sejarah itu bernama Stephanie Frappart.

Seperti diumumkanFederation Française de Football (FFF), Stephanie Frappart akan memimpin pertandingan SC Amiens vs Racing Strasbourg pada Minggu (28/4/2019). Dia akan dibantu Nicolas Danos dan Aurelien Drouet sebagai asisten wasit, Jeremie Pignard sebagai ofisial keempat, dan Clement Turpin sebagai VAR.

Stephanie Frappart telah berkiprah di Ligue 2 sejak 2014 sebelum akhirnya dipercaya memimpin laga di Ligue 1.
lavdn.lavoixdunord.fr

Bagi Stephanie Frappart, kepercayaan memimpin laga Ligue 1 adalah kenaikan kelas. Sebelumnya, sejak 2014-15, dia tercatat sebagai wasit di Ligue 2 yang juga dipercaya memimpin laga di Coupe de France dan Coupe de La Ligue. Hingga saat ini, dia tercatat telah memimpin 75 pertandingan di Ligue 2.

Perempuan wasit berumur 35 tahun itu pun sangat mendambakan tampil di kasta tertinggi sepak bola Prancis. Hal itu sempat diungkapkan kepada AFP beberapa waktu lalu. Namun, dia tak sudi bila hanya jadi pemanis dan simbol.

“Saya ingin ditunjuk menjadi wasit di Ligue 1 sebagai pengakuan terhadap kompetensi saya,” ujar Stephanie Frappart seperti dikutip Football5Star.com dari France 24. “Saya tak ingin mendapat bayaran besar atau bertugas di Ligue hanya karena saya seorang perempuan.”

Sebelum Stephanie Frappart, sebenarnya ada satu perempuan yang berkiprah di Ligue 1. Dia adalah Nely Viennot. Namun, selama kiprahnya dari 1998 hingga 2007, dia hanya menjadi asisten wasit alias hakim garis. Selama delapan musim, dia tercatat menjadi bagian tim pengadil dalam 147 laga Ligue 1.

Comments
Loading...