Akhirnya, Iran Izinkan Perempuan Saksikan Sepak Bola

Football5Star.com – Pemerintah Iran akhirnya mengizinkan perempuan untuk menyaksikan sepak bola. Mereka bahkan menjamin 3500 penggemar kaum hawa untuk menyaksikan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Iran vs Kamboja, 10 Oktober mendatang.

Larangan perempuan menyaksikan sepak bola memang belakangan membuat Iran dalam sorotan tajam. Apalagi, ada salah seorang penggemar wanita mereka bernama Sahar Khodayari meninggal lantaran membakar dirinya sendiri.

Sahar Khodayari kala itu ditangkap karena menonton sepak bola dan memilih untuk bakar diri ketimbang dikurung. Setelah peristiwa itu muncul banyak kecaman kepada Iran. Kabarnya, setelah kecaman itu Iran akhirnya melunak.

getty images

“Sesuai dengan janji Asosiasi Sepakbola Republik Islam Iran (FFIRI) dan permintaan eksplisit FIFA, perempuan Iran dapat menghadiri pertandingan,” lapor kantor berita resmi Iran, Islamic Republic News Agency (IRNA) dikutip Fox Sports Asia.

Rencananya pemesanan tiket sendiri dibagi beberapa tahapan. Mereka bahkan menyediakan tribune khusus perempuan yang akan dipisahkan dengan laki-laki.

“Bahkan, jaminan itu membuat tiket sebanyak 3500 lembar habis terjual hanya dalam waktu kurang dari satu jam,” lanjut laporan tersebut.

Pada bulan lalu, FIFA menutut Iran mengizinkan perempuan masuk ke stadion untuk menyaksikan pertandingan nasional dan internasional setelah meninggalnya Khodayari. Mereka bahkan mengancam akan memberikan sanksi andai permintaan tersebut tak diindahkan.

Comments
Loading...