Aksi Miguel Sitohang, Pesepak Bola Berdarah Batak di Liga Portugal

Football5star.com, Indonesia – Satu lagi talenta berbakat berdarah Indonesia yang saat ini tengah merintis karier di luar negeri. Ialah Luis Miguel Sitohang, pesepak bola muda berdarah Batak yang saat ini berkarier di Portugal.

Dikutip Football5star.com dari zerozero.pt, Kamis (9/4/2020) pemain berusia 18 tahun ini terdaftar sebagai pemain di Atlético Clube de Portugal, tim yang bermarkas di Lisbon, Portugal.

Data dari halaman resmi klub menyebutkan bahwa Sitohang pada musim ini di kompetisi junior Liga Portugal, A 1 Divisão telah melakoni 9 pertandingan. Ia menjadi salah satu pemain andalan pelatih Rui Santos.

Dari 9 pertandingan yang dilakoni, Sitohang mengoleksi 1 gol. Gol tersebut ia cetak saat Atletico CP mengalahkan UDR Santa Maria pada 1 Februari 2020. Gol itu dicetak Sitohang pada menit ke-23.

Sebelum tergabung ke tim junior Atletico CP, pemain yang berposisi sebagai geladang serang ini tercatat membela sejumlah tim junior Liga Portugal lainnya.

Pada musim 2018/19, ia tercatat menjadi bagian dari tim Associação Amavita. Lalu ia juga pernah tergabung ke tim Valejas Atletico Clube pada musim 2013/14.

Dalam unggahan akun Instagram miliknya, pemain yang sudah berkarier di Portugal sejak tahun 2010 tersebut cukup sering memposting foto dan video dirinya saat beraksi di lapangan hijau.

Salah satunya ialah video yang ia unggah pada 2016. Dalam video tersebut, pesepak bola berdarah Batak itu memiliki kemampuan sangat apik di lapangan tengah.

Ia jadi pengatur serangan sekaligus perusak pola permainan tim lawan. Sitohang pun tak segan untuk berduel dengan para pemain yang memiliki postur tubuh lebih tinggi dari dirinya.

Lalu pada video yang ia unggah pada 2019 lalu, Sitohang pamer skill dengan mencetak gol lewat tendanga voli dari luar kotak penalti. Menarik seandainya pemain satu ini bisa diberi kesempatan untuk ikut seleksi bersama timnas Indonesia.

Talenta muda Indonesia di luar negeri

Selain Miguel Sitohang, sejumlah pesepak bola muda Indonesia di luar negeri kembali jadi sorotan. Misalnya ada nama Dayen Gentenaar.

Dayen adalah anak dari eks kiper Ajax dan Borussia Dortmund, Dennis Gentenaar. Dikutip dari Football5star.com dari sepakbolanda, Minggu (5/4/2020) Dennis pernah mengatakan kepada Stefano Lilipaly bahwa dirinya memiliki darah Indonesia.

“Ayahnya keturunan Indonesia. Dia bilang, ayahnya lahir di Bandung,” kata Stefano Lilipaly pada 2012 lalu. Setelah gantung sepatu di NEC, Dennis melanjutkan kariernya sebagai pelatih kiper dan tahun ini ia menjadi pelatih kiper di Al Wahda bersama sang anak.

Lalu ada nama Raymond Croque. Pemain berdarah Klaten ini baru menandatangani kontrak dengan Vitesse pada 10 Maret lalu.

“Sangat bangga dengan putra kami, Jim Croque yang baru menandatangani kontrak dengan Vitesse. Selamat dan semoga sukses untuk musim depan,” tulis sang ayah, Raymond Croque di akun Instagram pribadinya.

Luis Miguel SitohangPortugalTimnas Indonesia