Aktivitas Bali United Saat Perayaan Hari Raya Galungan

Football5star.com, Indonesia – Beberapa para pemain Bali United nampak antusias memperingati hari raya umat Hindu yaitu Galungan yang jatuh pada Selasa (31/10/2017). Sebagai klub asal Pulau Dewata yang mayoritas bermasyaratkan umat Hindu, Laskar Tridatu juga khusyuk merayakannya.

Hari raya Galungan sejatinya dirayakan setiap 210 hari berdasarkan perhitungan kalendar Saka Bali, yaitu Budha Kliwon Dungulan. Perayaan yang Cuma ada di Bali itu bermaksud merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Anggota tim yang merayakannya adalaha I Made Wardana, I Made Andhika Wijaya,Ngurah Nanak, I Putu Pager Wirajaya, I Nyoman Adi Parwa, hingga asisten pelatih I Made Pasek Wijaya.  Mereka menjalankan ritual Penjor setelah latihan pagi hari. Ritual tersebut adalah membuat hiasan janur yang bermaksud sebagai wujud persembahan bagi tuhan yang maha esa.

Selain melakukan Penjor, mereka juga tak lupa melaksanakan tradisi “ngejot”. Adat Istiadat tersebut diisi dengan berbagi sedekah biasanya berupa makanan kepada tetangga terdekat.

Kali ini, yang dilakukan oleh para penggawa Bali United yang berkeyakinan Hindu adalah melakukan “ngejot” kepada masyarakat sekitar mess pemain dan panpel pertandingan. Pemilihan memberikan sedekah ke panpel adalah bentuk terimakasih atas kinerja mereka yang membantu melancarkan jalannya pertandingan.

Namun, Kegiatan tersebut sudah lebih dahulu dilakukan sebelum hari raya Galungan tepatnya Minggu sore (29/11/2017). Di sisi lain, Bali United selanjutnya akan menghadapi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (6/11/2017).

 

 

Comments
Loading...