Alaba Anggap Wajar Guardiola Beli Fullback Mahal

Football5Star.com, Indonesia – David Alaba, bek kiri Bayern Munich, menganggap wajar langkah eks pelatihnya yang kini menangani Manchester City, Pep Guardiola, membeli fullback berharga mahal. Menurut pemain asal Austria tersebut, Guardiola terpaksa melakukan itu karena keterbatasan fullback bagus saat ini.

“Sekarang ini tak banyak fullback berkualitas. Mungkin hanya lima di sisi kanan, tiga, dua, atau lima di sisi kiri, fullback yang berada di satu level,” ungkap Alaba seperti dikutip Manchester Evening News, Selasa (25/7/2017).

“Tidak mudah menemukan fullback sangat bagus di bursa transfer saat ini. Jika menginginkan yang bagus, aku kira pastilah harganya mahal,” lanjut pemain yang di timnas Austria bermain sebagai gelandang itu.

Di bursa transfer kali ini, The Citizens telah mengeluarkan uang sebesar 240,5 juta euro. Dari jumlah itu, 138,5 juta euro di antaranya digunakan untuk memboyong tiga fullback. Pertama, bek kiri Benjamin Mendy seharga 57,5 juta euro. Kedua, bek kanan Kyle Walker senilai 51 juta euro. Ketiga, bek kanan Danilo yang ditebus dengan uang 30 juta euro.

Bila dilihat ke belakang, sektor sayap pertahanan memang selalu menjadi perhatian Guardiola. Saat ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada 2008-09, dia memboyong bek kanan Dani Alves dari Sevilla. Harganya pun mahal, 35,5 juta euro. Musim berikutnya, giliran bek kiri Maxwell yang dibeli dari Inter Milan.

Sementara itu, ketika mengasuh Bayern pada 2013-14 hingga 2015-16, dia tak membeli fullback baru. Itu karena sudah ada Philipp Lahm dan Alaba yang sangat kuat di kedua sisi.

Comments
Loading...