Alasan Bandung Premier League Gunakan VAR

Football5star.com, Indonesia – Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Bandung Premier League adalah penggunaan teknologi bantuan video atau VAR. Meski tidak sesempurna terapan saat Piala Dunia, sistem ini terbukti membuat animo publik semakin tinggi.

Tim Football5star berkesempatan menemui langsung CEO Bandung Premier League, Doni Setiabudi pada Minggu (10/2) siang. Ia menjelaskan beberapa hal terkait alasan penggunaan VAR untuk turnamen ini.

“Saya ingin ada terobosan dalam kompetisi komunitas yang bisa mengundang perhatian baik dari masyarakat Bandung, Jawa Barat, bahkan Indonesia. Kalau kami buat yang biasa-biasa saja tentu kurang menarik,” katanya membukan pembicaraan.

Bandung Premier League - Fanny - Doni Setiabudi - Football5star
football5star

“Selain itu, kami ingin mempermudah kinerja wasit di atas lapangan dalam mengambil sebuah keputusan. Sambil berusaha pelan-pelan menekan angka kericuhan yang didasari protes berlebihan ke wasit,” kata pria yang akrab disapa Jalu tersebut melanjutkan.

Salah satu klub pemain Liga 1 BPL yakni Fanny Ahmad dari BJB FC mengatakan, kehadiran VAR memang sangat membantunya sebagai pemain. Ia sepakat dengan Jalu soal menekan angka protes ke sang pengadil.

“Ini termasuk terobosan baru di liga amatir Indonesia untuk pertama kalinya. Untuk pemain memang sangat membantu terutama di momen-momen sulit seperti penentuan penalti atau tidak,” paparnya.

Selama dua musim kompetisi Bandung Premier League bergulir, Jalu mengaku ada efek signifikan untuk kemudahan wasit di atas. “Setelah diamati memang ada penurunan sebesar 75 persen soal protes ke wasit jadi semoga langkah ini bisa diikuti oleh liga professional,” ucapnya.

Comments
Loading...